Mobil Canggih Edisi Mendatang

Jumat, 29 April 2011

Seperti apa penampakan mobil sedekade mendatang? Kini, para ahli desain dunia seakan berlomba menciptakan kendaraan masa depan. Salah satunya ditunjukan oleh Marco Lukovic, seorang desainer asal Serbia yang memenangkan
Lukovic membuat desain mobil listrik tiga roda super canggih. Desain itu mengalahkan sedikitnya 1000 karya serupa para desainer kendaraan sedunia. "Supersonic," begitu Lukovic menamainya.Michelin Challenge Design 2011 belum lama ini.

Lukovic menjelaskan Supersonic memang tidak berkecepatan suara, tapi kendaraan ini dirancang serupa pesawat berkecepatan suara. "Cukup untuk dua orang saja, supir dan penumpang," katanya dalam laman Mashable, 25 April. Menurutnya, mereka bakal merasakan sensasi mengendari kendaraan serupa roket.

Lukovic membayangkan penggunaan bahan bakar serupa baterai dalam telepon seluler, yaitu lithium-ion. Bahan bakar ini dikenal praktis dan mudah diisi di mana pun pemilik kendaraan berada. Dan seluruh desain kendaraan ini disesuaikan dengan kondisi masa depan. Misalnya, kaca di bagian atas dan samping terbuat dari fotosensitif kristal untuk menyaring sinar matahari.

Menurut Lukovic, salah satu fitur terfavorit adalah pilot otomatis. Artinya, kendaraan itu bisa menyetir otomatis laiknya pesawat. "Ini akan menjadi umum sepuluh tahun mendatang," katanya.

Saat kendali pilot otomatis dinyalakan. Pengemudi di bagian depan bisa memutar kursi sehingga berhadapan dengan kursi belakang. "Keduanya bisa menikmati kopi atau sarapan pagi," katanya. Jika benar menjadi kenyataan, mobil ini akan diproduksi sekitar 2021.

Sumber : www.tempointeraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar