Budgeting, Hal Utama Sebelum Melakukan Perjalanan

Selasa, 21 Juni 2011




Dalam kehidupan sehari-hari, memperhitungkan budget yang akan kita keluarkan dalam melakukan atau membeli sesuatu adalah hal yang penting. Termasuk memperhitungkan dana yang akan kita keluarkan untuk liburan. Tentunya kita tidak ingin liburan kita menjadi kacau balau hanya karena tidak adanya perhitungan budget sebelum kita pergi melakukan perjalanan untuk berlibur.

Tetapkan tujuan anda. Tujuan disini adalah tujuan perjalanan. Apakah anda akan memilih pergi keluar negeri atau hanya di dalam negeri saja. Hal ini penting karena dengan menentukan tujuan seperti ini, kita akan bisa menentukan alokasi dana apa saja yang harus dikeluarkan sebagai biaya hidup disana.

Dana transportasi utama. Tentukan dengan kendaraan apa anda akan menuju tempat tujuan anda. Apakah dengan pesawat, kapal laut, kereta api, bis, atau mungkin dengan kendaraan sendiri. Alokasikan dana sekaligus untuk harga tiket pergi-pulang. Bila anda menggunakan kendaraan sendiri, anda tentunya dapat memperkirakan uang bensin berdasarkan jarak tempuh dan efisiensi bahan bakar kendaraan anda.

Dana akomodasi. Dana ini dapat anda tentukan dengan menentukan jenis hotel yang akan anda pilih sebagai tempat bermalam. Untuk dapat memperkirakan dana yang harus dikeluarkan, anda dapat browsing terlebih dahulu di google. Namun, apabila anda memutuskan untuk menginap dirumah saudara, siapkan pula dana untuk membelikan oleh-oleh dan mungkin dana untuk uang makan sehari-hari di rumah saudara anda.

Uang makan anda selama disana. Untuk beberapa kota seperti di Jogja, Solo, dan Semarang, alokasi budget untuk makan disana sangatlah murah. Bahkan bisa setengahnya uang makan di Jakarta. Apabila anda tinggal di hotel, untuk sarapan ada baiknya apabila anda memanfaatkan sarapan yang disediakan hotel untuk menghemat pengeluaran untuk uang makan. Sedangkan untuk makan siang dan malam, ada baiknya anda menanyakan kepada resepsionis tentang tempat makan yang murah meriah dan dekat dari hotel.

Uang tak terduga. Saya rasa alokasi untuk dana tak terduga ini adalah seperti belanja oleh-oleh, uang parkir, tip hotel, uang jajan, tiket masuk tempat wisata, dll. Ada baiknya mencari informasi dulu tentang ini sebelum anda berangkat. Dan ada baiknya uang tak terduga ini lebih besar dari alokasi budget untuk jajan dll. Karena hal darurat kita tak pernah tau kapan dan seperti apa bentuknya.

Selamat berlibur!

0 komentar:

Posting Komentar