Hal terpenting Sebelum Jalan-jalan

Kamis, 16 Juni 2011




Haii semua saya mau share informasi penting yang harus kita ketahui sebelum hendak jalan-jalan. Persiapan matang perlu kita lakukan sebelum memulai perjalanan ke tempat wisata yang nantinya akan kita kunjungi, baik itu di dalam maupun luar negri. Dikutip dari id.travel.yahoo.com saya memperoleh informasi ok untuk kita ketahui semua.
Nah berikut ini adalah hal-hal penting yang perlu anda persiapkan sebelum perjalanan berwisata.


Lokasi
Sudah pasti hal pertama yang harus diriset adalah lokasi. Riset lokasi bukan hanya menyangkut daerah wisata yang akan Anda kunjungi, tapi juga tempat menginap, tempat makan dan tempat belanja (jika perlu). Jangan lupa meriset akses dari dan ke tempat tujuan. Ketahui juga cara mencapai tempat menginap dari bandara/stasiun/halte bus dan cara menuju objek wisata dari tempat menginap. Supaya tidak tertipu, bekali diri Anda dengan informasi tarif transportasi.

Kondisi geografis
Ini juga sangat penting jangan sampai kita salah kostum ketika kita hendak berwisata ke berbgai negara. Contohnya kita bisa mempersiapkan selimut dan jaket tebal jika kita hendak berwisata ke Negara Eropa, pastinya ondisi iklim itu berbeda dengan negara mesir.

Iklim
Terkadang kita malas meriset cuaca dan menganggapnya sepele karena merasa tahu. Padahal tidak selamanya cuaca persis seperti teori, apalagi dengan adanya pemanasan global dan tetek-bengek lain. Contoh yang paling mudah adalah cuaca di negara kita saat ini.

Kebiasaan dan adat istiadat
Seperti pepatah megatakan dimana bumi di pijak disitu langit dijunjung, mau tak mau kita harus megerti dengan kebiasaan dan adat istiadat di suatu wilayah tersebut,Mulai dari tatatertib lalu lintas,berbusana sampai bahasa mereka.

Situasi politik
Meriset situasi politik tetap diperlukan keadaan situasi politik di sini tidak melulu berarti konflik bersenjata, tapi bisa juga kegiatan lain seperti pemilihan kepala daerah. Tentu Anda tidak ingin terjebak dalam iring-iringan kampanye selama liburan, kan? Di samping itu, bila secara tiba-tiba destinasi Anda berubah menjadi daerah rawan, Anda bisa segera membuat rencana lain sebelum sampai tujuan.

Mata uang
Jika Anda berencana jalan-jalan ke luar negeri, jangan lupa meriset mata uang negara tujuan. Bukan hanya jenis mata uang yang berlaku, tapi juga cari informasi bagaimana sistem penukaran mata uang tersebut. Apakah rupiah laku ditukar di sana? Atau lebih baik membawa mata uang internasional seperti dolar Amerika? Apakah money changer mudah didapat?

Bahasa
Kesulitan bahasa memang bukan kendala, tapi akan lebih baik bila kita mengetahui dan menguasai bahasa yang digunakan di tempat tujuan. Minimal Anda menguasai percakapan praktis. Tidak ada salahnya untuk membekali diri dengan memperkaya kemampuan bahasa yang kita miliki.


Gambar: www.google.com

0 komentar:

Posting Komentar