Jelajahi Singapura Dengan Aman

Selasa, 28 Juni 2011

Kalau di Jakarta anda busway, bis, dan taksi menjadi transportasi utama, maka di Singapura ada 3 transportasi utama yang dapat anda pilih untuk menjelajahi kota yang terkenal dengan Patung Singanya ini. Jangan sia-siakan uang anda hanya untuk menyewa mobil harian di kota ini. Selain mahal, anda juga tidak akan mendapatkan kesan tersendiri setelah pulang dari Singapura.

MRT (Mas Rapid Transit)

MRT

MRT ini bisa membawa anda kemanapun ke penjuru Singapura. MRT adalah jaringan kereta yang lengkap dan super cepat di Singapura. Layanan MRT ini beroperasi dari jam 05.30 pagi sampai 12.30 dini hari dengan frekuensi kedatangan per kereta hanya mencapai tiga sampai 8 menit. Layanan MRT ini juga diperpanjang jamnya pada hari-hari libur Singapura.
Ada 4 jalur MRT yaitu:
Jalur MRT Utara Selatan (25 stasiun), dari Jurong Timur sampai Marina Bay
Jalur MRT Timur Barat (32 stasiun), dari Boon Lay ke Bandara Changi dan Pasir Ria
Jalur MRT Timur Laut (16 stasiun), dari HarbourFront ke Punggol
Jalur MRT Lingkar (sudah ada 16 stasiun dari 31 stasiun yang direncanakan), dari Marymount ke Bartley

JALUR MRT
Setiap stasiun menyediakan tiket yang dapat dibeli langsung hanya dengan memasukkan koin ke dispenser koin yang sudah tersedia untuk sekali perjalanan. Sedangkan anda dapat menggunakan value pass (ez-link cards) apabila anda ingin membeli tiket yang dapat digunakan untuk beberapa kali perjalanan dan kartu ini juga dapat digunakan di bis juga.

Bis

BUS
Denga tarif bis mulai dari 70 sen singapura sampai dengan 1,3 dollar singapura untuk bis yang tidak ber-ac dan tariff mulai 80 sen singapura sampai dengan 1,5 dollar singapura, anda sudah bisa menjelajahi singapura dengan alat transportasi ini. Anda juga bisa menggunakan value pass yang sama dengan yang anda gunakan untuk MRT di bis. Simple dan tidak merepotkan anda untuk menukar uang hanya untuk bayar bis.

Taksi

TAXI
Kisaran tarif taksi yaitu mulai dari 2,8 dollar singapura sampai dengan 5 dollar singapura tergantung taksi apa yang anda gunakan. Anda akan dikenakan membayar sedikit lebih dari tariff bisa untuk penjemputan dari Bandara Changi, Central Business District (CBD) Charge, Tarif Taksi tengah malam, Tarif jam sibuk, tariff minimal apabila kita booking taksi, dan pada saat hari libur nasional Singapura.

0 komentar:

Posting Komentar