Memotret Siluet Dengan Apik

Minggu, 12 Juni 2011

Siluet adalah foto dengan background yang terang sementara objek terlihat gelap, hanya berupa bayangan hitam saja. Foto siluet merupakan foto favorit para pencinta foto. Hal ini karena foto siluet terlihat elegan dan penuh makna. Namun anda harus berhati-hati dalam memotret foto siluet karena salah tehnik akan membuat foto siluet anda hanya terlihat biasa-biasa saja. Berikut beberapa tips dari saya untuk memotret foto siluet yang apik.

Flash dalam keadaan OFF
Langkah awal dan paling penting adalah, matikan flash anda. Karena kalau anda menyalakan flash, anda hanya akan mendapatkan hasil foto biasa.

Perhatikan kondisi backlight yang tepat
Background anda harus lebih terang dari objeknya. Kebanyakan foto siluet diambil pada saat sunrise atau sunset karena menggunakan matahari sebagai cahaya background pada saat matahari sedang terbit atau akan terbenam akan menghasilkan foto siluet yang mendekati sempurna. Tapi, anda tidak perlu khawatir, karena foto siluet bisa dihasilkan kapan saja. Yang penting cahaya backgroundnya lebih terang dari objek utamanya.

Cari bentuk objek yang menarik.
Bentuk objek yang menarik tentunya akan membuat foto siluet kita lebih menarik. Karena apabila bentuknya tidak menarik atau biasa-biasa saja, foto siluet kita tidak akan mencapai hasil maksimal.

Cari background yang tepat.
Yang harus diingat adalah background harus lebih terang. Usahakan juga keadaan background tidak terlalu ramai agar objek utama dapat terlihat jelas dan menonjol.

Pengukuran Eksposure yang tepat (manual maupun auto)
Sebisa mungkin gunakan manual eksposure. Jangan terbiasa menggunakan settingan auto karena akan memanjakan anda sebagai fotografer. Lakukan pengukuran didaerah background yang paling terang. Setting apperture dan shutter speed sesuai hasil metering anda. Setting H3 yang paling terbaik dan fokuskan ke objek anda kemudian jepret.

Jangan takut mencoba.
Jangan hanya terpaku pada sunrise atau sunset untuk menghasilkan foto siluet karena foto siluet bisa dihasilkan dimana saja dan kapan saja. Seperti misalnya backgroundnya etalase toko yang terang pada malam hari, kemudian anda bisa menjadikan orang yang sedang berjalan didepannya sebagai objek utamanya, kemudian jepret.
Jangan pernah takut untuk bereksperimen dengan kreatifitas anda. Selamat mencoba. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar