MENDAPATKAN FOTO CANDID YANG BAGUS DAN UNIK

Selasa, 21 Juni 2011


Foto candid adalah foto spontan yang diambil tanpa diketahui objek foto. Kalau diperhatikan, foto candid adalah jenis foto yang paling sering dipilih oleh fotografer untuk diikutsertakan dalam kontes fotografi.
Namun untuk mendapatkan foto candid yang bagus dan unik tidaklah mudah. Ada beberapa tips dari saya untuk anda yang ingin mendapatkan foto candid yang bagus dan unik.

  • Jangan jauhkan kamera anda dari anda. Momen menarik bisa hadir di depan mata kita kapan saja.
  • Tajamkan naluri anda terhadap kondisi sekitar anda. Perhatikan semua hal yang anda di depan anda. Hal sekecil dan sesederhana apapun dapat menjadi objek yang menarik untuk kamera anda.
  • Jangan pernah ragu untuk memotret. Sebisa mungkin jangan dihapus hasil foto yang menurut anda belum sempurna, karena terkadang, sebuah foto baru dapat terlihat keunikannya belakangan.
  • Beranikan diri anda untuk memotret pada posisi lain selain mata. Saya pernah memotret foto candid dengan posisi kamera di pinggang. Hasilnya saya mendapatkan foto dengan angle yang tidak pernah saya hasilkan sebelumnya. Dalam hal ini dibutuhkan pengalaman dan factor luck untuk bisa mendapatkan gambar yang bagus.
  • Hindari memotret punggun orang karena ini sudah menjadi objek yang biasa bagi para penikmat foto.
  • Ubahlah warna foto anda menjadi hitam putih untuk mendapatkan foto yang lebih emosional karena sampai detik ini, foto hitam putih masih menjadi favorit para pencinta foto.
  • Moment yang tepat akan menghasilkan foto candid yang bagus. Seperti misalnya saat orang sedang tertawa seperti dibawah ini atau moment yang lainnya. Dalam hal ini insting dan naluri anda sebagai seorang fotografi akan mengalir  untuk menemukan moment yang tepat ini.
  • Jangan pernah bosan berlatih dari berbagai macam angle, tempat, dan scene yang berbeda-beda. Latihan yang rutin akan meningkatkan kemampuan anda.

Berikut adalah contoh foto candid yang saya ambil dari deviant. 





0 komentar:

Posting Komentar