Tips Hunting Foto Untuk Pemula

Kamis, 02 Juni 2011


Seorang fotografer tentunya tidak akan berhenti untuk hunting foto guna menambah jumlah foto dalam portfolionya. Tapi untuk hunting foto pun tentu saja kita tidak boleh asal melakukannya, karena kegiatan hunting foto yang terencana secara matang akan lebih memperbagus hasil foto kita nanti mulai dari konsep, tempat dsb. Saya ingin berbagi tips hunting foto berdasarkan pengalaman saya hunting foto bersama teman-teman saya.



Pilihlah tempat yang unik.
Mengapa harus memilih tempat yang unik? Itu karena kita tentunya ingin hasil foto kita berbeda dengan fotografer lain. Jangan memilih tempat hunting yang sudah biasa dipakai oleh fotografer sebagai tempat hunting. Bahkan kalau bisa tempat yang sama sekali belum pernah didatangin atau tidak terpikirkan oleh fotografer lain sebagai tempat hunting.

Tentukan konsep pemotretan.
Walaupun kegiatan hunting foto ini basicly pengambilan foto secara random, tapi kematangan konsep tentunya juga menentukan dalam kegiatan hunting foto. Selain hasil foto kita akan lebih tertata, kita juga akan terlatih untuk menyusun konsep sehingga kita dapat menunjukkan kualitas kita sebagai fotografer dalam menghadapi calon klien nantinya. Karena biasanya calon klien yang datang kepada kita akan menanyakan konsep pemotretan sebagai pertanyaan utama.

Survey lokasi terlebih dahulu.
Lakukan survey lokasi terlebih dahulu. Dengan kecanggihan teknologi jaman sekarang, anda tidak perlu datang langsung ke lokasi terutama jika lokasi yang anda pilih berada diluar Jakarta. Cukup browsing saja di internet dan anda bisa menemukan lokasi yang anda cari di internet. Kalau ada contact number yang bisa dihubungi, mungkin ada baiknya jika anda menghubungi nomor tersebut untuk menanyakan lebih detail lagi tentang fasilitas, biaya sewa tempat, dll.

Minimalisir budget.
Meminimalisir budget seperti budget untuk transport, makan, dan sewa tempat. Kalau bisa ajak teman anda untuk bergabung bersama anda sehingga anda bisa meminimalisir pengeluaran seperti biaya bensin, makan, dan sewa tempat. Kalau beramai-ramai kan anda bisa patungan dengan teman-teman anda untuk semua itu. Jika anda menggunakan model, usahakan mengajak relasi atau teman dekat hingga anda bisa meminimalisir budget untuk fee mereka sebagai model.

Persiapkan peralatan anda.
Persiapkan kamera anda beserta alat pendampingnya seperti lensa, tripod, flash, filter, dll. Periksa kembali kamera anda dengan detail karena anda tentunya tidak ingin kegiatan hunting foto anda menjadi sia-sia karena kamera yang tidak siap atau ada gangguan. Bersihkan lensa dan peralatan lainnya sebelum anda bawa sehari sebelumnya. Masukkan kamera anda dan peralatan lainnya ke casenya masing2. Jika anda menggunakan motor sebagai kendaraan menuju lokasi hunting, usahakan memakai ransel yang khusus untuk menyimpan kamera atau ransel dengan ukuran sedikit besar dengan jahitan yang kuat sebagai tempat penyimpanan peralatan tempur anda sebagai seorang fotografer.

Pilih model yang fotogenic.
Ini berlaku jika anda menggunakan model, pilihlah model yang fotogenic dan berkarakter unik. Ada baiknya bila anda memiliki budget lebih, anda menggunakan model yang sudah sedikit professional untuk mempermudah proses pemotretan.

Demikianlah tips yang bisa saya bagi kepada anda. Semoga bermanfaat dan apa bila ada kekurangan, jangan sungkan-sungkan untuk memberi masukan kepada saya. Terimakasih.



Sumber gambar : GOOGLE

3 komentar:

Untuk Hati mengatakan...

mantab bgt bro..:))

bunda rima eri mengatakan...

tx banget infonya...

GoJATIASIH mengatakan...

terima kasih infonya

Posting Komentar