4 Aplikasi Kamera yang seru buat iDevice-mu!

Kamis, 28 Juli 2011

Akhir-akhir ini saya baru bereksperimen dengan beberapa aplikasi kamera untuk gadget-gadget khusus merek ‘si apel kegigit’. Lumayan bikin ketagihan juga karena hasil jepretan bisa jadi lebih artistik dan terlihat spektakuler. Ini dia beberapa aplikasi (gratisan) yang sudah saya coba:

1. iPhone Camera
Sebenarnya aplikasi ini termasuk salah satu yang memang sudah ada di dalam aplikasi iPhone sendiri tanpa harus kita download terlebih dahulu dari Apple Store. Walau fungsi yang ditawarkan pada aplikasi ini cukup sederhana, beberapa kelebihannya adalah waktu start-up yang lebih cepat dibanding aplikasi lainnya. Kalau kita ingin memotret satu pemandangan atau kejadian dengan cepat, aplikasi ini adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini juga menggunakan kedua kamera—depan dan belakang, sekaligus mempermudah ketika mengubah dari mode kamera ke video ataupun sebaliknya. Aplikasi ini saya rasa cocok buat dipakai ketika sedang buru-buru untuk menangkap ‘it moment’ dalam waktu yang singkat. 

2. Instagram
Aplikasi selanjutnya adalah Instagram. Aplikasi ini memang populer untuk fotografi via iDevices. Selain karena aplikasinya yang memang gratis, fitur-fitur yang ada di aplikasi ini juga lumayan banyak. Pertama, instagram dapat mengambil objek dengan sangat maksimal hanya dengan penggunaan dari salah satu kamera di iPhone. Image ini kemudian di masukkan ke editing bay untuk di-edit. Di editing bay sinilah banyak sekali filter-filter yang bisa kita gunakan untuk membuat foto yang kita ambil tadi sesuai dengan apa yang kita mau. Aplikasi ini juga terhubung dengan SNS seperti Facebook, Twitter, dan lainnya. 

Kiri: Ragam filter yang tersedia. Kanan : Filter Tilt-Shift


3. Retro Camera Plus
Dari namanya saja sudah ketahuan kira-kira ‘efek’ apa yang ditawarkan oleh aplikasi satu ini. Ya, aplikasi satu ini membuat hasil jepretan foto menjadi lebih terlihat ‘tua’ namun berkesan memorable. Hanya saja yang perlu diperhatikan dari aplikasi ini adalah tidak memungkinkannya penggunaan kamera depan. Akan tetapi, kelebihan aplikasi ini ialah dapat menyatukan beberapa foto berbeda di dalam satu frame saja. Selain itu disediakan berbagai macam jenis ‘kamera’ untuk dicoba dalam bereksperimen. Walaupun masing-masing kamera memiliki resolusi yang berbeda, jika disatukan dalam satu frame, ukurannya akan disamakan. Tapi jika ingin mengekspor foto-foto anda ke roll kamera dan SNS, harus dilakukan secara manual. 



Berbagai Jenis 'Kamera' yang disediakan Retro Plus


4. Photogram
Aplikasi ini sendiri baru dirilis di App Store bulan Juni kemarin dan termasuk aplikasi fotografi yang sukses. Sama seperti aplikasi retro kamera plus, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menggunakan banyak foto dalam satu bingkai dan mengirimkannya ke orang lain. Dengan banyak tema untuk bingkai, tampilan hasil akhir foto anda dengan aplikasi ini akan terlihat seperti kartu pos. Memang dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya yang terlihat simpel, aplikasi ini memang agak sedikit rame dengan warna. Tapi bagi mereka yang senang bereksperimen tidak ada salahnya mencoba aplikasi ini. Selain gratis, hitung-hitung bagi-bagi kartu pos ke orang-orang terdekat.




Itu dia empat aplikasi fotografi via iDevices pilihan saya. Walau simple tapi foto yang dihasilkan cukup terlihat lebih ‘wah’ kan?

0 komentar:

Posting Komentar