Dapur Sehat Keluarga Sehat

Selasa, 05 Juli 2011

Dapur identik dengan ruangan yang bau dan kotor. Hal ini disebabkan karena aktivitas rumah tangga seperti mebuat makanan dengan aneka macam aroma semua dikerjakan di dapur. Padahal seharusnya dengan aktivitas memasak, mnghidangkan makanan untuk anggota keluarga seharusnya dapur tidak menjadi ruangan yang kotor. Dapur harus selalu bersih. Jangan sampai ada binatang seperti tikus atau serangga seperti kecoa keluar masuk ke dalam dapur yang malah menjadi biang penyakit bagi keluarga anda.


Oleh sebab itu mulai sekarang ayo ciptakan dapur sehat di rumah anda! ^^
Hal hal yang harus diperhatikan dalam penciptaan dapur sehat adalah
  1.  Sinar Matahari. Biasanya di dapur terdapat onggokan sampah yang mengandung banyak bakteri atau bibit kuman. Fungsi dari sinar matahari adalah dapat membunuh bibit bakteri yang ada di dapur. Saat membuat dapur pikirkanlah tentang jendela. Buatlah jendela yang sedikit lebih besar sebagai ventilasi udara saat memasak agar bau masakan tidak mengepul di dalam rumah. Selain itu jendela dengan ukuran besar di dapur juga dapat menghemat penggunaan lampu dapur.
  2. Lampu Dapur. Karena tidak selamanya sinar matahari akan menerangi dapur, maka diperlukan juga lampu dapur yang mungkin digunakan saat makan malam. Lampu dapur yang digunakan di dalam dapur sebaiknya tidak redup. Pilihlah lampu yang sedikit lebih terang agar kesan dapur anda terlihat lebih luas dan bersih.
  3. Kebersihan Dapur. Setelah memasak, segera bersihkan dan rapikan peralatan dapur. Jika ada tumphan minyak atau bumbu lain yang ada di dapur segera dilap. Selain itu segeralah mencuci peralatan dapur yang telah dipakai. Jangan menunda nunda waktu pembersihan dapur. Dapur adalah penghasil sampah terbanyak dalam rumah tangga oleh sebab itu buanglah setiap hari sampah dapur agar tidak tumbuh bakteri atau jamur di dapur rumah anda
sumber foto : google image

    1 komentar:

    butterfly mengatakan...

    Halo Admin http://hidupku-senang.blogspot.com,

    Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
    Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

    Anda bisa menampilkan link Vemale.com di http://hidupku-senang.blogspot.com,
    Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar kanan.
    Dan kami akan menampilkan link http://hidupku-senang.blogspot.com di halaman Vemale.com: hhttp://www.vemale.com/kuliner/tips-dapur, sesuai dengan kategori tips dapur. Jika berkenan silahkan menghubungi kami via email di humas@kapanlagi.net dengan menyertakan email ini.

    Terima kasih atas kerjasamanya :)smile
    Salam,

    -- Humas Vemale.com
    Ari Rahmawati

    Posting Komentar