Tips Aman Berkendara

Senin, 11 Juli 2011

Di Jakarta hampir ratusan kasus kecelakaan di jalan raya diakibatkan karena kelalaian pengguna kendaraa. Bagaimana tidak, banyak pengendar kendaraan sering asyik memainkan ponselnya sambil menyetir kendaraannya. Berikut beberapa tips perlu Anda perhatikan saat sedang berkendara di jalan raya.
1. Gunakan Sabuk Pengaman.
Terdengar sepele. Tatpihal ini sangatlah penting. Sabuk pengaman mungkin akan sedikit membuat baju kita kusut, tetapi jika terjadi benturan dari depan, maka posisi kita lebih mana. Sekitar 76 % kematian dalam kecelakaan adalah karena tubuh terlempar keluar dari mobil.


2. Jangan Menggunakan Telpon Selular Saat Berkendara.
Usahakan agar tidak menelpon ketika kita sedang mengendarai kendaraan. Apalagi ber-sms /bbm- an ria. Hal ini akan memecah konsentrasi anda saat berkendara. Jika ingin menelpon atau sms, menepilah ke pinggir jalan sebentar.
3.  Selalu Waspada.
Jangan sampai ‘ngelamun’ atau mengantuk. Sedikit saja lengah, nyawa tauhannya. Ajaklah berbincang rekan Anda. Atau jika anda sendirian, putarlah musik dan ikutlah bernyanyi agar anda tidak melamun atau mengantuk. Jika cara tersebut tidak berhasil, menepilah dan istirahatlah sejenak.
4. Jarak Aman.
Untuk jarak aman berkendara antara kendaraan kita dan kendaran yang ada di depan kita adalaha 3 detik. Jangan berheti terlalu ‘memepet’ . hal ini sangatlah berbahaya.


5. Cek Tekanan Ban.
Sesuaikan lagi tekanan ban dengan rekomendasi dari pabrik agar menjaga kenyamanan dan keamanan anda disaat berkendara.
6. Patuhilah Rambu Lalulintas
Sering kali kecelakaan terjadi karena si pengguna kendaraan tidak patu pada rambu-rambu lalulintas. Patuhilah rambu-rambu yang ada. Selain akan menyelamatkan nyawa anda, hal ini juga akan menyelamatkan diri anda dari ‘tilang’ ^^.


Dan yang terpenting adalah, selalu berdoa sebelum kita berkendara agar selalu dilindungi saat berkendara. Have a safety ride J

0 komentar:

Posting Komentar