Tips Bugar dan Cantik Saat Puasa

Selasa, 05 Juli 2011

Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu, bulan Ramadhan pun sudah menunggu di depan mata. Bulan Ramadhan atau yang biasa disebut bulan puasa sangat ditunggu tunggu oleh umat muslim sedunia karena bulan ini berbeda dengan bulan bulan lain. Selain adanya perbedaan pola makan, dari segi ibadah pun berbeda. Biasanya kebanyakan orang makan 3 kali dalam sehari (pagi, siang, malam) namun saat Ramadhan hanya 2 kali makan yakni (sebelum shubuh dan maghrib). Dari segi ibadah, ada ibadah lain yang dimiliki hanya oleh bulan Ramadhan, yakni Shalat Tarawih yang dilakukan setelah shalat isya dan pahala dari amalan di bulan ramadhan akan dilipatgandakan. Dari serentetan aktivitas dengan pola hidup yang berbeda itu banyak orang yang khawatir akan selalu merasa lemas di siang hari dan tidak percaya diri dengan penampilannya.

Lantas bagaimana kiat agar ubuh kita tetap bugar dan terlihat cantik selama berpuasa?

sumber gambar : google image
Hal terpenting yang harus diperhatikan saat berpuasa adalah asupan gizi yang cukup baik saat sahur maupun saat berbuka. Makanan lengkap yang menjadi hidangan berbuka atauun sahur sangat penting terhadap energi yang dikumpulkan saat beraktifitas.Selain itu konsumsi air juga penting, bagaimana tidak tubuh kita mngandung air kurang lebih 70% dalam tubuh oleh sebab itu jangan melupakan asupan air saat sahur dan buka. Minuman yang paling bagus adalah air putih. Setiap hari tubuh memerlukan air sebanyak 1,5-2 Liter. Anda dapat menyiasatinya dengan cara
  1. Saat sahur, makanlah sayur dengan kuah sebanyak 200cc
  2. Lalu minumlah susu sebanyak 200cc
  3. Dan ditutup dengan makan buah yang memiliki kandungan air
  4. Setelah sahur dan shalat shubuh baiknya anda berolah raga yang ringan saja seperti stretching tangan, kaki, pinggang. Jangan sampai alih alih berpusa badan anda tidah digerakkan sama sekali. Justru dengan stretching ringan di pagi hari setelah sahur akan menambah semangat anda belum lagi tubuh anda akan menghirup udara pagi yang segar, yang belum banyak terkontaminasi dengan polusi udara.
Lalu siasat saat berbuka puasa adalah berbuka dengan yang manis. Biasanya kebanyakan orang berbuka puasa dengan buah kurma. Alangkah baiknya, setelah makan kurma minum jus buah atau teh manis hangat sebanyak 200cc.  Teh hijau juga bisa menjadi alternatif untuk menu piihan minuman saat berbuka puasa dan sahur. Mengapa? karena teh hijau menganding antioksidan dan polifenol  yang membuat tubuh segar, bersih dan bersemangat. Polifenol yang bersifat antioksidan mampu melawan radikal bebas yang terbentuk pada metabolisme tubuh kita. Selain itu manfaat polifenol pada teh hijau dapat mencegah kanker dan peradangan kulit seperti keriput dan tanda tanda penuaan lainnya. Hindari makanan yang pedas atau berbumbu terlalu merangsang karena tidak baik bagi pencernaan.

Hal lain yang biasa terjadi saat berpuasa adalah kulit mengering. Ini terjadi karena asupan air berkurang hingga dehidrasi. Biasaya tanda tanda kulit mengering adalah kulit terlihat serti bersisik atau keriput. Untuk menghindari kulit kering saat puasa adalah dengan mengenakan body lotion ke tubuh, pakailah baju lengan panjang atau memakai payung agar tidak terkena sinar matahari secara langsung .

So, tidak ada lagi kata lemas dan tidak percaya diri saat berpuasa. Justru kita harus bersemangat seperti hari hari lainnya dengan menerapkan pola makan yang sehat saat sahur dan berbuka serta olahraga ringan di pagi hari ^^

0 komentar:

Posting Komentar