2 Wisata Alam di Bandung, Jawa Barat

Senin, 01 Agustus 2011


Berkunjung ke kawasan jawa barat memang merupakan hal yang mengasyikan ketika berlibur dengan orang-orang tersayang, Contohnya saja ketika berekreasi ke Bandung, Jawa barat. Siapa yang tak kenal dengan kota paris van java ini, kota yang terkenal dengan kota mempesona  dengan keindahan sendiri, pasalnya di bandung banyak tempat-tempat menarik yang sayang jika dilewatkan begitu saja.
Mari kita intip satu persatu perjalanan ke tempat-tempat mengasyikan di bandung, dengan pesona alam yang begitu kental. Dijamin pasti membuta kaki enggan beranjak dari kota ini.
Kawah Putih ciwidey 

Jika anda menyempatkan  datang ke bandung jangan lupa untuk mampir ke kawah putih ciwedey. Kawah putih ini memiliki daya tarik sendiri karena airnya yang terang, dan warnanya yang selalu berubah-ubah sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing untuk menikamati keindahan pesona alam disini.
Dari beberapa sumber menjelaskan  bahwa kawah ini terbentuk akibat letusan gunung patuha  pada abad  X dan XII silam. Permukaan kawah ini pada umunya berbatu dan berpasir putih makanya kawah ini disebut dengan kawah putih.

beberapa peneliti mengatakan bahwa gunung patuha masih aktif, sehingga ditemukan beberapa pancaran kawah yang masih bergejolak. didekat tempat ini pula ditemukan sebuah goa sedalam 5 meter yang pernah dipakai sebagai tambang belerang. tak heran jika beberapa kawah tiba2 beruap banyak, dan pengunjung didapati terbatuk2 akibat menghirup hawa belerang yang berbau sangat tajam.
Bukan haya itu saja, flora dan fauna juga memenuhi pesona keindahan kawah putih ini. Beberapa jenis flora antara lain Cantigi, Lemo (konon berbau seperti minyak lawang dan dapat digunakan untuk mengusir ular), Vaccinium (tanaman khas yang hidup didaerah kawah), serta Eidelweis yang tumbuh di puncak gunung. Sedangkan jenis fauna yang kerap muncul antara lain elang, monyet, kancil, babi hutan, macan kumbang dan macan tutul.
Gunung Tangkuban Perahu
Tangkuban perahu, jangan lupa juga untuk menyempatkan mampir ke gunung tangkuban perahu yang berada di bandung. Wisata tangkuban perahu ini memang penuh dengan legenda  yang sebelumnya tekenal di Jawa barat. Dari asal muasal terjadinya telaga bandung  ataupun dongeng sangkuriang.  

Sebagai salah sau yag paling khas dari tangkuban perah ini iyalah legenda sangkuriang. Legenda Sangkuriang telah terkenal di akhir abad ke-15 di setiap tempat wisata Bandung. Hal ini disebutkan dalam catatan perjalanan Pangeran Bujangga Manik, seorang pangeran muda kerajaan Sunda dari Istana Pakuan (Bogor sekarang), menjelajahi Pulau Jawa dengan berjalan kaki seorang diri. Catatan yang tertuang dalam lembaran lontar ini, sekarang tersimpan di Perpustakaan Bodleian, Oxford Inggris sejak tahun 1627 dan menjadi objek wisata Indonesia favorit.
Gunung tangkuban perahu ini terletak 30 km di utara kota bandung. Pesona alam yang sejuk dan segar sangat terasa memikat hati ketika berada disini. Gunung tangkuban perahu merupaka salah satu objek wisata  jawa barat yang terkenal di indonesia. Deretan kawah yang memanjang  menjadi kan daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang datang, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.


1 komentar:

bolehngeblog mengatakan...

kunjungan balik...nuhun tos ameng ka blog abdi....btw, teurang blog abdi timana???

Posting Komentar