5 Tips Membeli Mobil Untuk Orang Awam

Rabu, 23 November 2011



Ketika anda mempunyai rezeki untuk membeli mobil, yang terbayangkan  dalam fikiran adalah bagaimana memiliki mobil yang nyaman untuk dipakai. Bukan bicara nyaman saja namun bisa digunakan sesuai kebutuhan. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam membeli mobil, karena membeli mobil tidaklah sama seperti membeli kacang. Butuh yang namanya pengalaman dan kejelian. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membeli mobil.
1.Sesuaikan Kebutuhan
Yang terpenting adalah anda bisa menyesuaikan atau mempelajari  kebutuhan yang ada. Di pasaran ada banyak model mobil  mulai dari city car, hatchback,sedan,multy Purpose Vehicle (MPV) hingga Sport Utility Vehicle (SUV). Bedakan untuk anda yang belum berkeluarga dengan yang sudah berkeluarga. Untuk  anda yang masih sendiri bisa memilih mobil seperti city car, hatchback atau sedan. Kemudian bagi berkeluarga baiknya milih mobil yang bermuatan besar seperti MPV bisa jadi pilihan yang lebih bijaksana.
2.Jenis Pembayaran
Kita juga bisa memilih pembayaran  dengan angsuran seperti kredit aatu bahkan  tunai. Nah untuk pembelian kredit sebaiknya anda juga bisa  menghitung kemampuan finansial anda, jangan hanya bermodal nekat , seperti anda tertarik dengan angsuran ditawarkan namun finansial anda di masa yang akan datang belum menjamin.  Sekali lagi jangan tergoda dengan Down Payment  (DP) yang murah. Kredit yang  baik ialah 1/3 dari penghasilan bersih yang anda terima setiap bulannya.
3.Pikirkan Status kendaraan
Mobil baru atau mobil second kah yang ingin anda beli? . Jika untuk mobil baru mungkin tidak terlalu masalah karena anda masih bisa mendapatkan asuransi jika sewaktu-waktu mobil mengalami masalah. Namun untuk pembelian mobil second anda dituntut untuk lebih jeli lagi, salah satunya pertimbangan usia kedaraan juga sangat mempengaruhi. Biasanya kendaraan second lebih banyak bermasalah dan membutuhkan perawatan ke bengkel. Pikirkan itu, jangan sampai hal tersebut malah membebani nantinya.
4.Sediakan Garasi khusus
Mungkin terdengar agak sepele, namun garasi juga sangat penting. Jangan sampai ketika anda membeli mobil anda tidak tahu harus ditaruh dimana. Jika rumah anda memungkinkan untuk membuat garasi baiknya buat garasi dengan ruangan tertutup seperti pintu agar mobil anda aman dari incaran pencuri.
5.Sediakan budget Lebih Untuk Aksesoris Mobil
Tidak ingin mobil anda telihat biasa-biasa saja, baiknya anda menyediakan budget lebih untuk membeli perlengkapan mobil. Sediakan dana untuk mepermak mobil anda seperlunya. Pilih aksesoris sederhana agar mobil juga terlihat lebih nyaman.
Sumber Gambar: news.pricearea.com,deedyienz.wordpress.com

3 komentar:

adeline mengatakan...

nice post om...

Kirman mengatakan...

Garasi penting tuh Om. Soalnya banyak yang punya mobil parkir di jalanan, malah mengganggu pengguna jalan lainnya....

jamal lewinsky mengatakan...

*adeline: yups thanks ya

*Kirman : betul sekali yang penting jangan sampe punya mobil tapi gak punya lahan buat menempatan mobilnya... :)

Posting Komentar