Buah Tangan Sepulang Haji

Rabu, 09 November 2011


Selain Lebaran Idul Adha, bulan ini juga sangat tepat disebut dengan lebaran haji. Seusai menjalankan ibadah haji, umat islam khususnya dari indonesia rasanya kurang lengkap  jika tidak membawa buah tangan. Oleh-oleh dari sana juga banyak macamnya, saking banyaknya kita sampai bingung mau bawa oleh apa untuk kerabat dan keluarga tercinta yang menanti kepulangan kita seusai haji.
Berikut ini oleh-oleh yang tidak pernah ketinggalan untuk dibawa pulang oleh jama’ah haji biasanya:
Air Zam zam 
Jama’ah haji juga tidak pernah ketiggalan yang namanya membawa air zam-zam, air ini dipercaya oleh umat muslim merupakan air pembawa berkah dan juga mampu mengobati berabagai macam penyakit. Namun karena dibawanya harus dibatasi jadi keseringan kita hanya mencicipinya sedikit saja.
 
Kurma
Buah ini sangat terkenal sekali di Arab Saudi, jadi buat anda yang ingin mencicipinya disini tidak perlu menunggu bulan puasa saja. Karena disini buah ini selalu ada kapan saja. Jama’ah haji juga tidak lupa untuk membawa kurma seusai berhaji.
Kacang Arab 
Selanjutnya yang tidak pernah ketinggalan juga Kacang Arab, ini merupakan salah satu makanan khas arab berupa kacang tanpa kulit. 
Kismis
Kismis, atau yang sering kita  sebut sebagai anggur kering ini juga merupakan oleh-oleh yang  cukup dinantikan. Selain itu kismis / buah kering juga sangat cocok dijadikan cemilan sehat. 
Pacar kuku 
Gunanya untuk memberikan warna pada kuku agar terlihat cantik, berbeda dengan cutex yang tidak boleh di pakai oleh umat  muslim, namun pacar kuku ini boleh dipakai. Biasanya banyak  ragam bentuk dan fariasinya, ada yang berbentuk cair dan juga bubuk, serta fariasi warnanya juga bebeda-beda. Ada yang berwarna merah, orange, kuning, cokelat, hitam dan banyak lagi.
Perlengkapan Solat 
Biasanya jama’ah haji juga tidak lupa membawa pulang yang namanya pelekngkapan solat. Sepeerti sajadah, sarung, mukena, peci, tasbih, dan al-qur’an. Perlengkapan ini merupakan oleh-oleh yang mugkin bisa dbilang awet dan bermanfaat untuk para sanak saudara dan juga kerabat tercinta.
Teko dan Gelas Emas 

Alat-alat kebutuhan rumah tangga juga tidak lupa untuk dibawa, seperti yang tidak asing lagi teko dan gelas emas. Biasanya gelas dan teko ini hanya utuk pajangan saja diumah, namun juga sering digunakan untuk suguhan air zam-zam untuk para tamu.
Aksesoris 

Untuk aksesoris juga banyak macamnya seperti gelang, anting, kalung, cincin, jibab dan lain-lain. Biasanya untuk aksesoris ini sangat dinanti oleh sanak saudara, kerabat dan juga tetangga  wanita. Pernak-pernik dari sepulang haji juga sangat identik dengan batu/ mutiara.  
Untuk membawanya pulang tidak mungkin kita membawa oleh-oleh haji  sebanyak mungkin, karena biasaanya dibatasi sebelum naik pesawat. Berikut adalah tips unntuk berburu oleh-oleh haji:
-Jangan membawa barang-barang yang berat, seperti karpet, tikar karena barang yang dibawa sebelum naik pesawat juga ditentukan terlebih dahulu.
-Bawa air zam-zam seperlunya saja, karena air zam-zam juga dibatasi.
-Beli kurma juga secukupnya saja, agar tidak berat ketika dijinjing.
-Untuk menghindari repot dalam memabawa banyak oleh-oleh , anda juga bisa membelinya di Tanah air karena disini juga bagus-bagus  dan biasanya langsung di impor dari Arab jadi paling tidak anda tidak terlalu repot.
-Jangan lapar mata, karena konteksnya ibadah jadi fokuskan untuk ibadah. 
Semoga Bermanfaat ^^ 
Sumber Gambar:
nikhsan.multiply.com
rlbuanacollection.blogspot.com
ndonesia-blogger.com





3 komentar:

joujimbo mengatakan...

nice post......
he hehehe tanpa di promo pun bakal laris manis,,,,,,,

salam.....

jamal lewinsky mengatakan...

thanks,,, bener tuh,,,saya mah tuggu oleh-olehnya saja hehehe

terapi bekam mengatakan...

Kismis dan kacang arab itu dengan konsumsi rutin ternyata juga bisa loh untuk meningkatkan kecerdasan, kemarin baru baca buku. nice post

Posting Komentar