Trik Memotret Indahnya Bunga

Rabu, 16 November 2011


Alam memang menawarkan lanscape yang baik untuk dunia fotografi. Itu sebabnya mengapa saya cukup sangat menikmati ketika memotret alam. Banyak sekali objek yang bisa kita ambil, namun tidak semua objek bisa menghasilkan gambar yang baik. Jangan salahkan kamera jika hasil gambar kurang bagus, terkadang cara pengambilan gambar juga sangat mempengaruhi kualitas foto tersebut.
Bunga merpakan salah satu objek yang menawarkan pesona tersendiri, berbeda dengan objek alam lainnya, keindahan dalam memotret bunga juga bisa kita pelajari dengan beberapa trik sederhana di bawah ini:
Memotret Di Pagi Hari
Biasanya di pagi hari waktu yang sangat tepat untu kita bisa memotret indahnya pesona bunga yang bermekaran, belum lagi di tambah dengan tetes-teses embun semakin menambah nuansa natural dan alami.
Tidak perlu ke taman 
Tidak perlu memaksakan untuk pergi ke taman jika situasi tidak memungkinkan. Anda bisa saja mengandalkan Florist / si penjual bunga untuk  memotret satu persatu bunga tersebut sesuka anda.
Jangan memotret dari atas
Cobalah utuk bereksperiem sesekali jangan memotet bunga dari atas, anda juga bisa melakukannya dari samping maupun angle manapun untuk melakukan eksplorasi teknik memotret keindahan bunga. Karena jika memotret dari atas hasilnya akan terlihat biasa-biasa saja.
Memotret selagi dan setelah hujan
Hujan memberikan efek yang sangat baik untuk memotet tumbuhan terutama bunga. Alami dan sangat natural, atau mungkin anda juga bisa memoter setelah hujan agar bunga yang - dipotret terlihat lebih segar dan benar-benar dalam keadaan fresh.
Potret secara close-up
Coba gunakan zoom lensa sampai maksimum untuk memotret bunga secara close up , atau anda juga bisa menggunakan filter close up. Jika anda memiliki kamera LSR maka anda juga bisa menggunakan lensa makro. Dengan memotret bunga secara close up membantu membuat baground semakin blur, serta anda juga bisa menangkap detail bunga sehingga hasilnya lebih menonjol.
Mengatur Baground dengan benar
Untuk megatur baground pastikan objek utama bunga tetap menonjol  keindahannya tanpa harus di dominasi dengan baground yang akan kita buat.  Caranya anda bisa melakukan ganti sudut pemotretan, singkirkan baground yang mengganggu, pilih juga aperture supaya baground  tampak blur. Anda juga bisa menggunakan bantuan photoshop untuk membuat baground terasa lebih pas.
Mudahkan, alhasil gambar yang dihasilkan bukan hanya indah namun memiliki eksplorasi  gambar dan juga teknik membuat objek utama yakni bunga menjadi lebih menonjol keindahannya. Selamat mencoba  bereksperimen!!

2 komentar:

adeline mengatakan...

haduuuuhhh bagus2 banget foto2nyaaa....

pasti sudah profesional yaa mas??

jamal lewinsky mengatakan...

kalo gambar mah ngambil dari internet mbak,,, cuma mau share teknik memfoto aja....

Posting Komentar