Mengintip Berbagai Sisi Dari Kebudayan Korea

Senin, 19 Desember 2011


Demam Korea yang melanda di dunia termasuk di Indonesia menjadi satu sisi yang  memmbuat saya ingin mengenal  lebih jauh lagi akan negeri ginseng ini. Seperti Negara lainnya dan disetiap negara pasti memiliki kebudayaan / ciri khas yang menonjol. Begitupun dengan sisi lain dari Korea dan budayanya yang terkenal unik dan menarik untuk dipelajari.
Style Busana
 
Hanbok merpakan pakaian ini dipakai dalam 3 kerajaan pakaian tradisional Korea dikenal dnegan nama Hanbok. Hanbok merupakaian pakaian adat turun temurun dari ratusan tahun dengan bentuk yang tidak hampir berubah baik untuk laki-laki maupun untuk perempuan kecuali dalam hal  panjang jeogori dan chima. 
 

Seiring berjalannya waktu, pakaian barat pun mulai masuk di Korea pada masa proses industrialisasi yang brlangsung cepat, sehingga penggunaan Handbok pun dibilang kurang tepat digunakan untuk acara santai meskipun ada dibeberapa wilayah Korea sampai saat ini masih mempertahankan Hanbook sebagai busana yang dikenakan sehari-harinya.
Makanan
Di Korea-pun beberapa makanan juga menjadi makanan yang membudaya  sampai terkenal hingga mancanegara. Bagi masyarakat  Korea kebiasaan memakan juga memberikan pengaruh paling besar bagi rakyat Korea. Makanan Korea pada umumnya disertai dengan bumbu-bumbu yang khas, sayuran berkuah dan daging. Meskipun sebagian masyarakatnya memilih makanan ala barat, namun nasi pun masih menjadi makanan pokok yang di konsumsi oleh masyarakat Korea.
 
Makanan Tradisionalnya yang sangat terkenal ialah Kimchi,  uniknya pada jaman dahulu di akhir bulan November bertepatan musim dingin Korea. Keluarga-Keluarga disana mempersiapkan Kimchi dalam jumlah yang banyak untuk memadai di musim dingin yang panjang. Kimchi disimpan dalam guci besar dari tanah liat, yang kemudian ditanam sebagian di tanah demi menjaga suhu dan rasanya.
 
Untuk memulai tahun barunya di Korea memiliih satu tradisi yakni dengan memakan semangkuk besar Ttok Kuk (Sup beras) yang dipercaya mampu membawa keberuntungan. 

Selain itu makanan lainnya yang menjadi daya tarik wisatawan asing dan juga masakan favorit di Korea yakni diantaranya makanan berdaging seperti Bulgogi.
Perumahan
Hanok merupakan rumah  tradisional Korea, berbeda dengan rumah gaya barat. Untuk tempat tinggal contohnya Masyarakat tradisional Korea memilih tempat tinggal berdasarkan geomasi. Orang Korea sangat percaya bahwa beberapa bentuk Topografi sangat berpengaruh untuk suatu tempat tinggal. Nah uniknya lagi rumah yang dibangun itu baiknya berlawanan dengan gunung, cara seperti ini masih bisa dilihat dalam kehidupan moderen di Korea sampai saat ini. 
 
Untuk taman-nya sendiri Karakteristik taman di Korea sangat sederhana alami dan terkesan tidak dipaksakan untuk aturan khusus. Dibanding taman Tiongkok dan taman Jepang yang memiliki banyak elemen pelengkap karena konsep mengimitasikan pemandangan asli, taman Korea mungkin lebih tampak kurang akan unsur pelengkap, jadi kelihatan lebih simple namun tetap menarik dilihat.
K-pop dan K-Drama yang mewabah 

Video:
real TOUCH KOREA season1. Seoul Tour ( Korea Tourism Organization Indonesia)



Dalam dunia  entertainment  Korea memang sangat terkenal dengan K-pop dan K-Dramanya yang mewabah Musik pop Korea atau K-Pop pun memiliki peran besar dalam menyebarkan Hallyu ini. K-pop disukai karena lagu dan tariannya memukau banyak orang. Lirik lagunya juga mudah dihafal. Itu karena setiap lagu K-pop memiliki lirik yang dipadukan dalam bahasa Inggris. Meski sedikit, tapi di situlah letak keunikannya sehingga para penggemar mancanegara akan dengan mudah ikut menyanyikannya.

Selain itu juga ada K-Drama yang begitu disukai karena ceritanya memang sangat menarik dan menyentuh. Film drama Korea memang sangat cocok untuk gadis remaja atau bahkan untuk ibu-ibu seperti saya ini. Melalui Drama Korea banyak sekali tempat wisata yang sekiranya menjadi sorotan dunia untuk menjelajahi sisi lain dari Korea. 
Wisata Korea


Banyak tempat wisata di Korea yang cukup membuat banyak orang tergila-gila akan keindahannya. Seperti yang kita ketahui di Korea memiliki 4 Musim yang cukup memukai para wisatawan asing untuk berkunjung. Sebut saja Pulau Jeju, siapa yang tak kenal dengan pulau Jeju, atau sebutan lain bagi orang kita yakni Balinya Indonesia. Pulau jeju merupakan salah satu pulau terbesar di Korea terletak disebelah selatan semenanjung Korea. Banyak para wisatawan asing yang berkunjung kesana untuk  tujuan pariwisata.
Berbagai Event pun akan memenuhi pesona Kebudayaan Korea lebih dalam lagi dalam waktu dekat ini seperti diantaranya:

Traditional events in Namsangol Hanok Village in December 


Traditional events in Namsangol Hanok Village in December atau merupakan Pameran Tema Lentera Tradisional Namsangol  dengan layar 20 lentera besar di sekitar rumah-rumah tradisional. Acara ini berlangsung mulai tanggal 15-25 Desember, 2011. Lentera menggambarkan berbagai aspek kehidupan tradisional seperti pernikahan, ssireum gulat, dan berburu.

2012 Korea Grand Sale


Bagi anda yang hendak bershopping ria, di Korea akan menggelar festival belanja tahunan terbesar bagi pengunjung asing. 2012 Korea Grand Sale ini berlangsung mulai ytanggal 9 Januari 2012- 29 Februari 2011. Saya rasa event tahunan ini cukup menjadi daya tarik tersendiri terutama untuk pengunjung asing pasalnya si festival ini terdapat 77perusahaan besar dan 21.800  dengan diskon yang ditawarkan hingga 50%.

Informasi diatas saya dapat dari www.visitkorea.or.kr, tentunya tidak terlepas dari info lainnya yang saya dapat di Fanpage Korea Tourism Organization Indonesia buat anda yang ingin ke Korea Gratis ada yang , kebetulan  sedang ada event My Korea Winter Story. Kalau dari yang saya baca, event ini merupakan kontes cerita pengalaman melalui halaman facebook dengan tema Musim Dingin Korea. Hadiahnya lumayan menarik, pemenang utama dari kontes ini bisa jalan-jalan ke Korea.
Buat Anda Pecinta Korea entah itu K-Pop, K-Drama, Pariwisata-nya, 4 Musim-nya,Wisata Kuliner-nya dll, bisa ikutan event ini. Siapa tahu beruntung, bisa  pergi ke Korea Gratis. Ini dia Linknya :

Kebudayaan Korea memang memiliki sisi unik dan menarik buat saya, mulai dari pakaian, makanan,K-Pop dan K-Drama, Perumahannya Tradisinya serta keindahan pariwisatanya yang menawarkan sejuta pesona bagi siapapun. 

Sumber gambar & Video: 
Fanpage Korea Tourism Organization Indonesia 

 






0 komentar:

Posting Komentar