Mengagumi K-Pop dan Pariwisata di Korea oleh CNNGo

Selasa, 17 April 2012



Kehadiran K-pop di Indonesia membuat  semakin maraknya boy band dan girls band Indonesia yang menapak jejak kehadiran K-Pop sebelumnya. Meskipun K-pop memiliki ruang sendiri khususnya anak muda, namun tidak menutup kemungkinan  demam boy band dan girls band asal Korea ini di gandrungi oleh berbagai kalangan baik tua dan muda.
Bicara soal K-pop, pastinya kita tidak terlepas dengan campur tangan perusahan besar yang telah mengorbitkan sejumlah artis K-pop dunia, SM Entertainment merupakan sebuah perusahaan menejemen artis  Korea yang telah berhasil mencetak sejumlah artis K-pop sebut saja Suju dan SNSD.  Suju dan SNSD  merupakan 2 artis K-Pop ternama  yang telah melebarkan karirnya di mancanegara. Keduanya memaliki talenta bermusik dan mampu menarik simpati penggemarnya dalam setiap performance di panggung hiburan. 
 
Boy Band - Super Junior
Sekilas kita mengenal kedua  artis K-Pop yang dibesarkan oleh SM Entertainment yakni Suju dan SNSD. Suju merupakan Boy band asal  korea yang berjumlahkan 13 personel diantaranya, Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum, dan Kyuhyun.Suju merupakan salah satu Boy band terkenal diseluruh dunia khususnya Indonesia. Boy band asal Korea ini terbentuk pada tahun 2005 hinnga sekarang, tentunya bukan hal yang mudah untuk mencapai karir sebaik saat ini. 

 
Super Junior untuk Memimpin Promosi Pariwisata Korea
Saat ini Suju sendiri telah menjadi salah satu duta pariwisata korea organization (KTO). Super Junior akan terlibat dalam berbagai kegiatan untuk mempromosikan pariwisata di Korea.
pada hari yang sama upacara penamaan, KTO menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) dengan SM Entertainment, badan untuk top K-pop kelompok termasuk Super Junior dan SNSD, dengan tujuan untuk memajukan pariwisata Korea dan hiburan industri. MOU pada kemitraan yang saling menguntungkan dan kolaboratif diharapkan dapat memberikan kontribusi besar terhadap ekspansi ke luar negeri dari kedua Korea dan pariwisata Hallyu.
 
Girls Band- SNSD
Selain itu SNSD atau Girls Generation juga merupakan salah satu girls band Korea yang dibesarkan oleh SM Entertainment yang terbentuk pada tahun 2007 hingga sekarang. Sampai saat ini SNSD  memiliki 9 personil yakni Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun. Berbagai penghargaan pun  telah diberikan kepada girls band korea tersebut diantaranya penghargaan Artis of The Year (Daesang) di Seoul Music Awards, Golden Disk Awards, Melon Music Awards, dan Korean Cultural Entertainment Awards.
Harus kita akui dunia hiburan khususnya K-Pop sangat memberikan pengaruh penting untuk menggaet wisatawan mancanegara. Itu terbukti semenjak marak K-Pop di mancanegara bahkan tanah air, begitu banyak orang yang antusias untuk mengunjungi sejumlah pariwisata yang ada di Korea. SM Entertainment, salah satu perusahaan terbesar di negara itu hiburan dengan tindakan seperti Girls Generation dan Super Junior di bawah label, mengumumkan bahwa pihaknya telah mengakuisisi BT & I, salah satu agen perjalanan terbesar di Korea, sebagai langkah untuk meningkatkan penawaran global konten .
 
SMTown Travel
Pada tanggal 27 Februari kemarin, SM Entertainment  mendirikan agency travel bernama  SMTown Travel yang akan resmi beroperasi per tanggal 1 Mei 2012. Travel Agency milik SM Entertainment tersebut akan berlokasi satu lantai di atas perusahaan karaoke di Apgujeong, yang juga terkenal dengan pusat souvernir artis-artis SM. Perusahaan ini juga mencoba untuk membangun outlet fisik untuk para penggemar K-Pop di seluruh mancanegara. Hal ini tiada lain bertujuan untuk menarik para penggemar K-pop untuk bisa  menikmati wisata yang ada di Korea . 

VIDEO : SMTown  (Musical Catch Me If You Can(캐치 이프 )_규현 스케치(Kyuhyun's Sketch) 
Saat ini pemerintah Korea juga tengah agresif untuk memberikan pengaruh hiburan untuk tujuan pariwisata Korea. Seperti yang dilakukan oleh SM Entertainment tersebut dengan SMTown yang diharapkan mampu menarik pengunjung atau wisatawan untuk mengunjungi Korea. 

SM Entertainment berharap semua  fans akan  mengunjungi Korea melalui agen perjalanan sendiri, yaitu SM Town travel
Pada kesempatan lalu tahun 2011 , SM Entertainment juga membayar sekitar US $ 364.000 kepada Korea Tourism Organization Indonesia untuk menggelar konser di Perancis, guna memperkenalkan perjalanan Korea melalui promosi artis K-Pop. Menurut survei yang diperoleh kebanyakan penggemar K-Pop di perancis ingin mengunjungi Korea.

Video : SM Town in Paris - Super Junior Introduction 
Touch Korea Campaign
Duta Muhibah KTO untuk tahun 2012 yakni 2PM dan Miss A pun melakukan kampanye berjudul  "Touch Korea Kampanye Wisata," dimana Korea Tourism Organizatin akan memilih 15 pemenang yang beruntung melalui sebuah kontes online dan menerbangkan mereka ke Korea pada bulan Juni. Selama berada, para pemenang akan bertemu para duta besar goodwill dan memulai "misi"bersama-sama. Info lengkap lihat di Fanpage Korea Tourism Organization Indonesia.
Bagi para pecinta K-Pop baik Boy band maupun Girls band Korea, rasanya kurang berkesan jika kita tidak mengujungi periwisata korea. Semoga dengan didirikannya SMTown Travel diharapkan banyak K-popers yang semakin penasaran ingin mengunjungi wisata yang ada di korea.

Sumber gambar :







0 komentar:

Posting Komentar