Menu Sahur Sehat ala Korea

Rabu, 01 Agustus 2012


Menjalankan ibadah puasa memang merupakan kewajiban umat muslim, begitu halnya dengan sahur. Meskipun sunah namun secara kesehatan sahur sangat penting untuk kondisi tubuh kita selama menjalankan ibadah puasa. Bosan dengan menu sahur yang biasa-biasa saja? Kali ini saya mengutip beberapa menu sahur sehat ala Korea dari fanpage KoreaTourism Organization Indonesia. Sebelumnya anda pasti sudah familiar dengan menu masakan Korea?, masakan Korea memiiki ciri khas dan keunikannya, hal itu terbukti makanan Korea mampu dikenal dunia. Tidak ada salahnya untuk mengintip menu masakan Korea untuk disajikan sahur bersama keluarga tercinta, berikut ini menunya: 

Bibimbap
Bibimbap merupakan salah satu menu sahur yang wajib dicoba. Bibimbap adalah mangkuk besar beras atasnya dengan beragam sayuran yang disajikan dengan pasta cabai merah. Pada ummnya Bibimbap sering disajikan dengan telur diatasnya. Bimbimbap  merpakan salah satu makanan yang paling representatif dari Korea dan telah resmi disponsori oleh pemerintah untuk globalisasi masakan Korea. Bimbibap juga bergizi sangat bagus untuk reomendasi menu sahur yang sehat.


Sundubu Chigae

Sundubu Chigae merupakan salah satu menu makan favorit orang Korea, jika anda ingin mencoba menyantap makanan ini sebagai menu sahur anda sepertinya tak ada salahnya untuk dicoba. Sundubu Chigae merpakan makanan Korea berbahan dasar tahu serta rebusan seafood. Adapun jenis tahu yang disajikan dalam hidangan panic bat bertekstur  halus hampir mirip dengan yoghurt. Selain makanan laut tiram, remis, kerang dan udang ada bahan umum lainnya seperti sayuran termasuk jamur, bawang, daun bawang, dan kochujang atau Kochu Garu (cabai bubuk). Sundubu Chigae cocok sekali dimakan dengan nasi.

 
Ssangsong Kui

Ssangsong Kui merupakan hidangan ikan bakar, biasanya disajikan bersama dengan lauk, lettaces dan beras. Salah satu menu halal Korea ini sangat cocok untuk hidangan sahur anda bersama keluarga. Selain sehat Ssangsong Kui juga mampu menjadi menu sahur yang bernutrisi. 





Doenjang Chigae
merupakan pilihan yang baik tapi sebagian besar mungkin akan membutuhkan waktu untuk menciptkan rasa. Bahan utama adalah, seperti namannya yakni  pasta kacang dan tahu. Memiliki berbagai sayuran dan kadang-kadang ditambah teri untuk memberikan kesan gurih pada kaldu. 




Kimchi
Kimchi merupakan menu halal korea yang wajib di cicipi untuk menu sahur. Meskipun rasanya seperti asinan namun sebenarnya kimchi sangat bagus untuk lauk saur anda, kaya akan serat sehat untuk menjaga daya tahan tubuh anda ketika menjalankan ibadah puasa.
masih banyak menu Korea hahal lainnya yang bisa anda coba untuk sahur ataupun berbuka puasa. Anda bisa simak masakan Korea halal tersebut di Fanpage Korea Tourism Organizaton Indonesia  atau lewat twitter @KTO Jakarata. Sahur nikmat dan sehat bersama masakan Korea :)


Video Makanan Korea dari Fanpage Korea Tourism Organizaton Indonesia 

0 komentar:

Posting Komentar