Mampukah Batik Menembus Pasar Korea Selatan ?

Rabu, 21 November 2012

Batik merupakan hasil kebudayaan bangsa yag sampai saat ini masih dilestarikan, semenjak batik diakui dunia Indonesia semakin gencar mempromosikan batik hingga kemancanegara. Industri batik bukan hanya melambung namanya di Indonesia saja akan tetapi banyak negara yang mengakui batik merupakan hasil kebudayaan Indonesia yang cukup menarik untuk di kenakan. Terutama untuk acara penting kenegaraan. 

Negara berikutnya yang menyanjung hasil karya batik Indonesia ialah Korea, kabarnya  selasa kemarin beberapa tamu yang berasal dari perwakilan Asean korea Centre  melakukan kunjungan ke beberapa  sentra batik warna alam di Kecamatan Bayat. Kunjuungan tersebut untuk melihat beragam batik Indonesia yang nantinya akan dipasarkan di Negeri ginseng tersebut. 

Sentra batik warna alam buatan Indonesia memang  sudah tak usah diragukan lagi,pembuatan batik  nya sudah menggunakan perwarnaan alami dari bahan-bahan alam. Coraknya juga sangat berfariatif dan tetap  menonjolkan corak dan motif batik khas Indonesia. Manager Asean Korea Center mengatakan batik di Indonesia sangat luar biasa, namun  motif batik Indonesia  masih kurang diminati oleh pasar Korea Selatan dengan alasan selera pasar Korea berbeda dengan batik  yang asli Indonesia. 

Meski demikian pihak Asean Korea Center suatu saat akan mebawa sample motif batik yang sesuai dengan selera pasar di Korea Selatan. Agar batik Indonesia bisa diterima oleh pasar  Korea selatan. Bukan hanya itu ternyata beberapa designer Korea selatan juga sudah mulai melirik batik untuk dipromosikan dinegaranya.  Mereka berencana untuk  membuat desain  batik yang nantinya dikenakan untuk pemain drama Korea, dengan alasan  drama Korea  mendapatkan respon yang cukup baik di Indonesia. Para designer Korea juga ingin mempelajari lebih dalam lagi mengenai batik Indonesia. Saat ini Batik Indonesia sudah dikenakan oleh para pejabat, kalangan akademis dan designer baju di Korea Selatan. 

Di Korea batik semakin menjadi primadona saat si cantik Atiqah mengenakan gaun bercorak  batik di Busan international Film Festival (BIFF) 2012  bebebra waktu lalu. 



Batik memang wonderfull Indonesia deh buat saya, dan Korea juga punya Hanbok yang sudah cukup mendunia. Beragam Hanbok dan aksesoris yang melekat di hanbok juga bisa  kita lihat melalui fanpage Korea Tourism Organization Indonesia. Harapannya ialah next time kerja sama yang akan dilakukan Asean Korea Center akan membuahkan hasil ntuk mempromosikan batik lebih gencar lagi di Korea Selatan. :-)



2 komentar:

Punya.Tia mengatakan...

si atikah cantik banget ya, moga deh batik Indonesia laku dipasaran korea :-)

jamal lewinsky mengatakan...

betul banget mba Tia, moga aja kita doakan ^^

Posting Komentar