Sepeda, Transportasi Hemat Tanpa Biaya

Rabu, 28 November 2012





Salah satu cara menangani kemacetan di Jakarta ialah dengan  membatasi penggunaan kendraan bermotor dan mobil pribadi. Keadaan ini tidak akan terselesaikan oleh pemerintah jika masyarakat Indonesia tidak dibatasi dalam penggunaan kendaraan pribadi. Itu baru bicara soal kemacetan saja, namun jika kita bicara soal kesehatan jelas polusi asap yang terjadi juga membuat kondisi kesehatan masyarakat menjadi buruk. Saatnya back nature dengan menggunakan kendaraan hemat beroda dua yakni sepeda. 



Sepeda bisa dibilang hemat karena jelas dalam penggunaannya tak sama sekali menggunakan bensin, hanya tenaga manusia  saja yang dipakai.  Belum lagi sepeda juga bisa meyehatkan semua pihak karena tidak menimbukkan asap kendaraan. Tapi sayangnya di Jakarta belum ada jalanan khusus untuk pengendara sepeda, jadi bagi orang-orang mungkin menggunakan sepeda ke Jakarta untuk Work by bike terbilang masih menakutkan. Karena pengendara sepeda harus berhadapan langsung  dengan liarnya jalanan ibu kota. 

Padahal selain menghemat, menggunakan sepeda untuk transportasi terbilang amat sangat menyehatkan untuk tubuh kita. Tapi sangat disayangkan rasanya jika kita hanya bisa bersepeda bebas  di hari car free day saja. Kesadaran  untuk menggunakan sepeda terbilang masih jauh, karena kebanyakan masyarakat Jakarta jauh lebih memilih kendaraan pribadi masing-masing dibandingkan dengan menggunkan sepeda. 

Namun tidak sedikit para sepeda community yang selalu menggunakan sepeda terutama untuk work by  bike. Mereka ini yang selalu setia menggunakan sepeda. Seharusnya kita bisa meniru mreka-mereka ini yang tetap konsisten menggunakan transportasi hemat dan sehat ini ^^. Pertanyaannya akankah next di jalanan Ibu Kota tersedia untuk pengguna sepeda, semoga saja a Pak Jokowi  bisa merealisasikannya dalam waktu dekat. :-) 

Sumber gambar : 



0 komentar:

Posting Komentar