Restoran Halal untuk Wisatawan Muslim di Korea

Kamis, 23 Februari 2012





Korea adalah sebuah negara yang selalu mengisnpirasi saya dan membuat saya ingin menjelajahinya. Alasan kuat kenapa saya sangat ingin ke Korea didasari oleh pesona wisatanya dan juga kekayaan kulinernya.
Bicara makanan, kita bicara juga tentang restoran. Bagi masyarakat Indonesia yang kebanyakan muslim, jika berkunjung ke Korea tentu akan mencari-cari restoran-restoran yang menyediakan makanan-makanan halal.
Pun begitu, teman-teman muslim yang akan berkunjung ke Korea juga tak perlu cemas memikirkan soal restoran halal. Sebab, di Korea sendiri ada banyak restoran yang menyediakan makanan-makanan halal.
Berikut ini adalah beberapa restoran halal yang ada di sejumlah kota-kota besar Korea. Data dan informasi ini saya dapat dari buku “Restaurant Guide for Muslim Visitors to Korea” terbitan Korea Tourism Organization.
 
Myeong-Dong/Jongno, Seoul 
 Myeong-Dong
Seoul adalah salah satu pusat kota di Korea yang sering didatangi oleh wisatawan mancanegara. Banyak restoran yang ada di sini menawarkan sensasi makan yang berbeda. Ini dia beberapa resto halal  yang wajib kita kunjungi ketika berada di Seoul.
*Asia (Restoran Uzbekistan)
 
Asia adalah salah satu restoran yang direkomendasi untuk wisatawan muslim. Restoran ini bergaya Uzbekistan. Menu yang ada disini kebanyakan mengunakan daging domba. Restoran ini berlokasi di Jangchung-dong 2-ga, Jung-gu, Seoul.
*Balwoo Gongyang  (Restoran Korea)
Balwoo Gongyang adalah salah satu resto Korea yang terkenal dengan menu vegetariannya. So, semua makanan yang ada di sini adalah halal karena kebanyakan berbahan dasar sayuran. Balwoo Gongyang  berlokasi di Gyeonji-dong, Jongno-gu, Seoul.
Hondage/Sinchon, Seoul 
 
Hondage
Kota ini adalah salah satu distrik di Seoul yang cukup menginspirasi terutama untuk kebebasan anak muda. Di sini banyak terdapat beberapa restoran dengan berbagai macam bentuk budaya, menyatu dengan gaya hidup modern yang mengagumkan. Untuk turis muslim, ada beberapa restoran yang bisa dikunjungi di kawasan Hondage/Sinchon, Seoul  ini :  
*First Nepal (Restoran India)
 
 Merupakan salah satu restoran dengan konsep menu makanan India. Menu makanan yang terkenal di sini ialah Nepalese Dishes, Kari, Tandoori, Salad dan Samosa. Restoran ini pun didukung dengan design interior ala India dengan sentuhan nyaman. Berlokasi di Daehyeon-dong, Seodaemun-gu, Seoul.
*Iibok (Restoran Korea)
Restoran yang menyajikan menu ikan ini mungkin mampu memberikan sensasi yang berbeda untuk Anda dan keluarga. Iibok terkenal dengan restoran yang mampu menyajikan makan sehat, menu makanan terkenal disini ialah bulgogi ( yang dicampur dengan ikan dan sayur) dan tempura ikan. Iibok berlokasi di Seogyo-dong, Mapo-gu, Seoul.
Itaewon, Seoul 
 
Itaewon, Seoul
Kawasan Itewon, Seoul pun mampu menjadi tujuan berikutnya untuk wisata kuliner halal bagi para wisatawan muslim. Di sini banyak restoran yang menyajikan menu halal dengan berbagai sudut budaya yang berbeda. Berikut adalah deretan restoran halal yang ada di Itewon, Seoul:
*Salam 
Restoran Salam terletak di sebelah pusat Seoul di sekitar Masjid Itaewon, sehingga restoran ini acap kali ramai dikunjungi tamu-tamu muslim. Menu yang paling populer dari resto ini adalah Dolma Biber, yaitu paprika diisi dengan domba, beras, dan sayuran, dan Sutlach dengan rasa manis yang kuat. Restoran ini berlokasi di Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul.
*Agra (Restoran India)
Agra merupakan perpaduan restoran India dan China. Restoran ini pun dilengkapi dengan design aksesoris nan cantik yang makin menambah semangat keinganan makan Anda. Jenis makanan yang terkenal disini ialah The Tandoori Chiken dan menu makanan terbuat dari kari. Agra Berlokasi di Itewon 1-dong, Yongsan-gu, Seoul.
*Pulhayanggi (Restoran Korea)
Selanjutnya ada restoran Pulhayanggi yang menyediakan bermacam menu vegetables. Pada umumnya restoran ini menyajikan menu sehat seperti rempah-rempah segar, jamur dan juga tofu.  Restoran tersebut berlokasi di Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul.
Gangnam, Seoul 
Gangnam merupakan salah satu kawasan trend yang ada di Seoul,  melalui serangkaian banyak acara seperti konser musik, exhibition, acara musik tradisional serta banyak lagi, kota ini pun memiliki banyak restoran halal yang wajib Anda coba, di antaranya:
*Dal ( restoran India) 
 
Restoran halal berikutnya di Gangnam ialah Dal, yakni restoran India yang menyajikan makanan halal dengan menu  yang tersedia berupa kari, ging domba, keju, ayam dan banyak lagi. Restoran tersebut berlokasi di Sinsa-dong, Gangnam-gu, Seoul.
*Baengnyeonok (Restoran Korea)
Restoran halal yang satu ini terkenal dengan hidangan Tofu. Tofu adalah salah satu makanan tinggi protein. Menu makan yang terkenal di sini di antaranya Jayeonsik sundubu baekban, Dubu jeongol, Bimbimbap dan masih banyak lagi.  Restoran ini berlokasi di  Seocho3-dog, Seocho-gu, Seoul.
*Cheagundam (Restoran Korea)
Menu yang ada di sini juga menyajikan menu yang berbahan sayuran dengan pilihan menu sayuran tradisional Korea, seperti sayuran organik, jamur, serta  makanan yang berbau seafood. Berlokasi di Daechi-dong, Gangnam-gu, Seoul.
Gyeonggi-Do/Incheon 
Gyeonggi-Do
Kota ini merupakan salah satu kota yang sering dikunjungi wisatawan asing dengan banyaknya situs wisata modern hingga soal Kulinernya. Restoran halal yang ada di sini pun sangat berkemabang, berikut ini adalah beberapa restoran yang disediakan untuk wisatawan muslim :
*Arabesque ( Restoran Turki )
Restoran halal yang satu ini cukup menjadi restoran asing populer di Incheon, tidak jauh berbeda menu yang ditawarkan seperti hidangan turki lainnya. Dijamin makanan di sini halal 100% bagi wisatawan muslim. Arabesque berlokasi di Inhyeon-dong, Jung-gu, Incheon.
*Loving Hut (Restoran Korea)
Restoran halal ini menyajikan makanan vegetarian namun tidak sama sekali menggunakan MSG/ Penyedap rasa. Berlokasi di Bojeong-dong,Giheung-gu,Yongin, Gyeonggi-do. 
 
*Bungyeongjeong ( Restoran Korea)
Bungyeongjeong merupakan restoran halal Korea Berikutnya, menu hidangan yang ada di sini terkenal deng menu hidangan (frzen pollack hot pot). Para pengunjung resto bisa memilih sendiri makanan tersebut sesuai dengan keinginannya. Restoran ini berlokasi di Gumi-dong, Bundang-gu, Seongnam, Gyeonggi-do.
Gangwon-Do 
 
Gangwon-Do
Gangwon-Do terkenal dengan panorama pegunungan yang indah.  Wisata kuliner Gangwon-Do juga tak kalah menarik. Dengan beragam restoran halal yang ada khusus untuk wisatawan  muslim dari berbagai negara. Berikut adalah nama-nama restoran halal yang ada di sini:
*Buil Sikdang (Restoran Korea)
 
Selama kurang lebih 50 tahun restoran ini memberikan servis dan pelayanan yang memuaskan. Anda bisa mencicipi makanan sayuran langsung dari pegunungan serta menu halal lainnya yang tentunya memberikan sensasi kuliner yang berbeda. Restoran ini berlokasi  di Hajinbu-ri, Jibun-myeon, Pyeongchang, Gangwon-do.
*Dongmyeong Saengseon Sutbulgui(Restoran Korea)
Dongmyeong Saengseon Sutbulgui merupakan restoran ikan panggang yang sangat terkenal di Sokcho. Makanan yang menjadi rekomendasi restoran ini adalah s eafood and soybean paste stew. Restoran ini berlokasi di Dongmyeong-dong, Sokcho, Gangwon-do.
*Dubumaeul (Restoran Korea)
Dubumaeul  merupakan restoran halal berikutnya yang wajib dicoba. Menu makanan yang ada di sini menggunakan tofu lembut tradisional khas Korea, dari generasi ke generasi.  Lokasi restoran tersebut berada di Unjeong-dong, Gangnung, Gangwon-do.
Busan 
 
Busan
Busan adalah salah satu kota yang indah di Korea. Busan berkembang sangat pesat. Soal kuliner, Busan juga tak kalah menarik. Sejumlah restoran halal juga ada di kota ini.
*Camapkahd (Restoran Ubzekistan)
Merupakan salah satu restoran Uzbekistan yang ada di Busan. Terkenal dan memiliki cita rasa lezat dengan sentuhan menu halal. Camapkahd berlokasi di Choryang 2 dong, Dong-gu, Busan.
*Hajinine (Restoran Korea)
Jika Anda ingin mencicipi sensasi kerang bakar, Hajinine merupakan salah satu restoran yang direkomendasikan. Restoran ini terletak di Jung2-dong , Haeundae-gu, Busan.
Masjid di Korea
Selain restoran di Korea juga terdapat sejumlah masjid yang perlu Anda singgahi. Nah berikut ini adalah beberapa masjid yang ada di Korea
 
Seoul Central Masjid
Masjid Busan: (Lokasi : Namsan-dong, Geumjeong-gu, Busan)
Masjid Jeonju: (Lokasi: Inhu-dong 2-ga 1562-10, Deokjin-gu, Jeonju-si, Jeollabuk- do)
Masjid Daegu Uthman (Lokasi: Jukjeon-dong,Dalseo-gu, Daegu)
Masjid Gwangju (Lokasi: Yeok-dong 48-9, Gwangju, Gyeonggi-do)
Masjid Ansan (Lokasi:Wongok-dong,Danwon-gu,Ansan,gyeonggi-do)
Masjid Anyang (LokasiAnyang 5-dong,Manan-gu, Ansan, Gyeonggi-do)
Masjid Bupyeong (Lokasi: Sipjeong-dong 574-19, Bupyeong-gu, Incheon (Bupyeong 3-way intersection subway station)
Masjid Pocheon Islam Center (Lokasi: Hannam 2-dong 732-21, Yongsan-gu, Seoul)
Masjid Paju ( Lokasi : Yeongtae-ri 421-9, Wonreung-myeong, Paju-si, Gyeonggi-do)
Masjid Jeju (Lokasi: Nohyeong-dong, jeju, Jeju-do)
Jadi bagi Anda umat muslim yang ingin berwisata kuliner ke Korea tak perlu khawatir lagi karena ada begitu banyak restoran halal di sini. Anda pun bisa mengunjungi masjid-masjid yang agung di beberapa kota di Korea. Bagi Anda yang tertarik dengan Korea terutama pariwisatanya bisa juga masuk ke halaman fanpage Facebook Korea Tourism organization Indonesia. Selamat mencicipi wisata kuliner halal di Korea ^^.
Sumber Gambar  & referensi :
http://www.facebook.com/Koreatourismorganizationindonesiaoffice

12 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantap. Korea, negeri gingseng ini bikin kangen untuk re-visit.

Terapi Qolbu mengatakan...

setelah china dan mandarin dengan berbagai artis dan budayanya, kini giliran korea yang laris di indonesia

jamal lewinsky mengatakan...

wah kalo visit ke sana lagi jangan lupa bagi-bagi pengalamannya yaa^^

jamal lewinsky mengatakan...

Soalnya Korea juga bagus-bagus, terutama pariwisatanya

hasan purnawan mengatakan...

postingannya oke banget... ntar kita yng muslim kalo jalan2 ke korea gak bakal repot nyari restoran halal atau masjid ..keren.keren.

jamal lewinsky mengatakan...

makasih mas hasan, semoga tempat" diatasa bisa jadi rekomendasi yag pas

Mimi Darmawan mengatakan...

nice info brothers, keep posting info-info kuliner lain yang menarik ya...mantaappp

Saia Kurniati mengatakan...

makanannya enak2 kali ya

Feny mengatakan...

thanks utk informasinya, lega juga di sana ternyata banyak restoran halal, nggak ragu2 lagi deh sekarang kalo mau ke Korea :)

jamal lewinsky mengatakan...

iya sama-sama, makasih kunjungannya ya.

jamal lewinsky mengatakan...

pastinya dong... hehehe..

jamal lewinsky mengatakan...

Wah, makasih kembali ya. betul banget, kita yang muslim dah gak perlu bingung kalo mau ke korea, selain ada banyak resto atau makanan halal, di sana juga dah ada banyak masjid, jadi gampah kalo mau ibadah juga.

Poskan Komentar