Tips Memotret Pemandangan

Senin, 04 Juli 2011

Selain memotret gambar sendiri, biasanya orang orang suka memotret gambar pemandangan. Nah, bagaimana caranya agar memotret pemandangan mendapatkan hasil yang baik?



  1. Efek. Penuhi objek dengan efek yang dramatis. Naik, turun, sampingkan kamera anda agar mendapatkan efek yang lebih dramatis.
  2. Cara Pandang. Saat memotret tidak harus selalu dalam keadaan berdiri. Cobalah jongkok, duduk atau berada di tempat yang berada di posisi yang lebih tinggi daripada objek gambar.
  3. Warna. Tidak dipungkiri bahwa warna merupakan salah satu aspek agar mendapatkan hasil yang bagus. Oleh karena itu carilah objek pemandangan gambar dengan warna yang sedikit mencolok agar dapat menjadi daya tarik bagi orang yang melihatnya.
  4. Posisi Awan. Awan dapat menampilkan nuansa dinamis dan melengkapi keindahan objek. Oleh karena itu merupakan hal yang sangat indah jika pemandangan dalam objek foto anda di kombinasikan dengan gambar awan di atasnya.
  5. Ketenangan. Suasana angin yang sepoi-sepoi tentu membawa ketenangan bagi setiap orang yang diterpanya. Tidak terkecuali pada hembusan angin yang menerpa rerumputan, bunga atau dedaunan. Potretlah momen saat angin bertiup sepoi-sepoi pada objek pemanadangan anda untuk menampilkan nuansa ketenangan alam pada objek gambar.
  6. Cuaca. Siapa bilang memotret pemandangan hanya bisa pada saat cuaca sedang bagus? Saat cuca buruk pun itu dapat dijadikan objek gambar yang bagus. Contohnya saat kabut, turun hujan, salju atau petir yang meyala, itu pun dapat memberikan nuansa yang berbeda pada foto anda.
  7. Close Up. Pada umumnya pengambilan jarak dekat (close up) mempunyai daya tarik tersendiri. Pohon, semak belukar, bebatuan dan bunga dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi sebuah detail foto karena akan menghasikan 3 dimensi yang indah.
  8. Imaginasi. Bebaskan imajinasi anda, biarkan anda mengeksplor kemampuan fotografi anda untuk mendapatkan hasil karya yang terbaik
sumber foto : http://www.trekearth.com/gallery/Asia/Indonesia/Java/Jawa_Barat/Sukabumi/photo394865.htm

4 komentar:

noer kesuma mengatakan...

Semakin kaya prinsip yang menjadi pilihan; namun masih agak bingung menafsirkan soal Close Up. Apakah keputusan itu hanya tertuju pada salah satu komponen objek foto pemandangan itu, karena kalau suatu pemandangan dilihat sebagai satu kesatuan, akan semakin sulit menerjemahkan Close Up tersebut. Jadi tolong bantu saya mengartikannya. Terima kasih Bung

rangka baja mengatakan...

saya pikir semua elemen alam sekitar juga mempengaruhi hasil jepretan. fotografer harus pandai memanfaatkan suasana yang pas untuk kualitas foto yang bagus. nice info :)

tira uwie mengatakan...

:) bagus indah keren like this

Mobil Sedan Corolla mengatakan...

susah² gampang memotret pemandangan. harus banyak belajar ane gan..
dari 1000x jepretan, paling hanya beberapa yg memenuhi rasa kepuasan :D

Poskan Komentar