CCTV Sederhana, Untuk Memantau Rumah Saat Mudik

Selasa, 14 Agustus 2012



Meningalkan rumah saat mudik pastinya harus memperhatikan betul keamananya sebelum meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama. Seperti matikan listrik, check tabung gas dan pastikan rumah anda terkunci dengan baik. Jangan sampai lengah, karena biasanya kita asyik  bersilaturahmi bersama keluarga hingga lupa kondisi rumah. 

Untuk menghindari yang tidak diinginkan,  kita bisa membuat CCTV  sederhana untuk memantau keadan rumah selama mudik lebaran. Tidak perlu mengeluarkan kocek mahal untuk memasang CCTV, hanya memerlukan peralatan sederhana untuk menciptakan CCTV seperti berikut: 

Sediakan sebuah PC/ Laptop yang standby selama 24 jam nonstop dengan kapasitas HDD terrabyte  bagi anda yang ingin merekam peristiwa di rumah. 

Kemudian sediakan satu buah webcam sebagai alat pencitra, pilih minimal resolusi 1.3MP  biasanya harga webcame berfariasi  tergantung Pixel dan juga merek webcame tresebut. Sangat disarankan untuk anda yang memiliki fitur night vision, agar tak masalah mengcapture gambar dalam kondisi gelap. 

Download program webcamXP jika anda belum memiliki program tersebut jika belum silahkan download disini dengan limitasi 1 sumber camera, bisa saja anda menggunakan 2 atau lebih limitasi sumber camera namun sayangnya and harus membayarnya.

Untuk langkah instalasi: 

Hubungkan computer dengan webcame, anda hanya cukup menginstal driver bawaan dari webcame tersebut ke PC/ Laptop anda. 

Selanjutnya install Program webcameXP sesuai petunjuk yang tertera. Setelah selesai meng-install program webcamxp anda cukup memilih sumber dari peralatan yang ada yaitu dengan cara melakukan klik kanan pada area layar webcamxp, setelah itu pilihlah peralatan camera anda dan juga mungkin bisa menambahkan microphone apabila yang membutuhkan suara.

Setelah semua selesai anda cukup mengkonfigurasi tambahan agar  CCTV yang anda buat bisa bermanfaat, contohnya anda ingin mengawasi kondisi rumah dari luar kota atau dari man saja anda berada.
Pastikan PC/Laptop anda sudah terkoneksi dengan jaringan  internet jika anda ingin memantau kondisi ramh dari kejauhan.

Semoga bermanfaat ^^


6 komentar:

Raden Subali mengatakan...

kalo urusannya nyalain laptop atau komputer berhari-hari selama 24 jam, siapa yang tertarik?

Anonim mengatakan...

@Raden Subali : kalo anda punya cara lain bisa di share dimari jangan omong doang..

Anonim mengatakan...

Betul. Ide kreatif harus dihargai, coba disupport dikembangin. Jangan langsung diresponse miring

Anonim mengatakan...

setuju mas bro.orang yg ga mampu pasti dia bisa nya menghujat doang.tanks atas triknya bro udah lama saya mencari ini software

Anonim mengatakan...

.
neh alternatif cara memantau kondisi satu tempat:

sediakan 1 HP yg bisa video calling 3G, taruh HP tersebut di tempat tersembunyi yg siap merekam video (misal kotak kayu di atap), aktifkan mode silent dan penjawab telepon otomatis. kasih No HP baru yg tidak diketahui orang. Pilih mode Video Night atau sensor kamera yg peka, biasanya HP yg bisa video call tapi memakai kamera belakang yg Pixelnya lebih bagus. Beri daya yg tahan 15 hari seperti UPS atau Aki mobil untuk HP ini.

Jika butuh, kita telepon nomor HP pemantau itu dengan video calling, jadi kita bisa melihat kondisi dimana HP tersebut berada. Bisa juga HP tersebut digunakan sebagai Web Cam seperti diatas tetapi siap menjadi video call jika ditelepon.

Lebih murah dibanding Menyediakan Laptop yg dinyalakan ratusan jam, belum kalau listriknya diputus oleh orang.


Ini bisa sebagai pemantau arus lalu lintas mudik juga loh, video call setiap 30 menit sekali (5 menit sekali juga boleh) di tiap titik kemacetan seperti Pertigaan Cikampek, Persimpangan Cileunyi, persimpangan Nagrek, Persimpangan Kanci, Persimpangan Sadang Purwakarta, dan lain-lain.

thanx...

merahdelima

ndonop teguh mengatakan...

siippp......pak berow

Posting Komentar