Tips Mudik Bagi Pengguna Sepeda Motor

Senin, 06 Agustus 2012




Mudik merupakan ritual wajib setiap tahun yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk pulang kekampung halamannya. Tak jarang para pemudik rela menempuh perjalanan berjam-jam hanya untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Setidaknya dari data yang ada jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor setiap tahunnya mengalami peningkatan. Melakukan perjalanan Jauh di bulan ramadhan tidaklah mudah, apalagi melakuakn perjalanan untuk mudik ketika anda tengah menjalankan ibadah puasa. Nah, berikut ini ada tips mudik bagi pengguna sepeda motor agar aman diperjalanan. 

Persiapkan bekal bawaan
Jangan lupa untuk menyiapkkan bekal bawan dari rumah, seperti makanan, pakaian tapi yang perlu diperhatikan adalah minimalisir bawaan yang dianggap tidak terlalu penting.  Untuk menghindari barang bawaan yang tidak terlalu penting, sebaiknya anda tidak membawa barang-barang berat. Kendaraan beroda dua memiliki daya angkutan terbatas,sehingga pastikan anda cermat untuk memilah barang mana yang nantinya bisa diangkut.

Istirahat
Jangan menyepelakan waktu istirahat ketika dalam perjalanan. Jika kondisi tubuh anda tak memungkinkan  baiknya jika anda terasa lelah alangkah baiknya jika anda memilih tempat-tempat peristirahatan khusus.  Atau biasanya sudah disediakan posko-posko persitarahatan khusus pemudik disejumlah titik lokasi mudik yang memang sudah disediakan sebelumnya. Manfaatkan waktu istirahat anda untuk memulihkan energi baru guna perjalanan mudik anda.

Isi Bensin Sebelumnya
Jangan lupa untuk mempersiapkan bahan bakar kendaraan anda. Jangan sampai ditengah perjalanan motor yang anda gunakan mogok akibat kehabisan bensin. Nah, sebelum melakuakn perjalanan kalau perlu sehari sebelumnya anda mengisi bensin terlebih dahulu agar tidak terlalu report untuk isi ulang bahan bakar ditengah perjalanan.

Box dibelakang  Motor
Jika memang barang bawaan oleh-oleh memang harus dibawa, agar tidak repot sebaiknya anda menyiapkan box khusus  yang diletakan dibelakang motor. Jadi anda tak perlu repot lagi membawa barang-barang bawaan. Pastikan barang-barang tersebut tersimpan didalam box. 

Periksa Mesin Motor Anda
Sebelum melakukan mudik pastikan performa mesin motor anda  dalam kondisi baik . Periksa keselruhannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya. 

Semoga beberapa tips diatas dapat menjadi informasi yang bermanafat untuk anda yang ingin melakukan perjaanan mudik menggunakan  kendaraan bermotor. 

sumber gambar : 
http://www.enersi.com/2
 

2 komentar:

Smari Saklitnov mengatakan...

yang penting jangan kelebihan beban dan jangan berempat. bahaya

jamal lewinsky mengatakan...

betul gan, yang penting hati-hati selalu ^^

Posting Komentar