Berpergian Menggunakan Kapal Laut

Senin, 06 Juni 2011

KAPAL LAUT

Berpergian dengan kapal laut disaat sekarang mungkin sudah jarang menjadi alternatif bagi orang-orang karena sekarang orang-orang sudah lebih sering menggunakan pesawat untuk berpergian kemana-mana. Akan tetapi, tidak semua orang bisa berpergian dengan pesawat karena berbagai hal seperti takut naik pesawat atau waktu perjalanan yang terasa lebih cepat dari biasanya sehingga merasa tidak menikmati perjalanan.
Bagi saya pribadi, menggunakan kapal laut terasa lebih mengasyikkan karena kalau kita menggunakan kapal laut, sudah pasti akan transit di beberapa pelabuhan sebelum sampai di pelabuhan tujuan dan itu berarti saya bisa menjelajah berbagai kota dalam sekali perjalanan.
Melakukan perjalanan dengan kapal laut sangat cocok untuk anda yang berjiwa petualang. Nah, saya ingin berbagi tips kepada anda agar anda bisa melakukan perjalanan menggunakan kapal laut dengan aman, nyaman, dan mengasyikkan.

  1. Pilihlah waktu perjalanan anda di waktu yang tidak bertepatan dengan liburan umum dan sekolah karena sudah pasti penumpang akan lebih banyak dari biasanya.
  2. Siapkan budget untuk beberapa hal penting seperti uang jaminan kunci kamar (jika anda mengambil tiket kelas III, II, dan I), uang jajan selama berada di pelabuhan transit, dan uang jajan selama perjalanan.
  3. Usahakan membawa barang-barang seperlunya saja, lebih baik kalau anda menggunakan ransel yang agak besar untuk mempermudah anda karena jika anda membawa tas jinjing, akan merepotkan anda sendiri dalam membawa barang bawaan anda.
  4. Dalam menyusun barang bawaan anda di ransel, letakkan baju-baju yang akan anda pakai selama perjalanan dan alat-alat mandi anda di tumpukan paling atas untuk mempermudah anda mengambilnya.
  5. Siapkan satu tas pinggang kecil khusus untuk meletakkan tiket, dan uang cash seperlunya. Jangan pernah meletakkan dompet yang berisi kartu tanda pengenal, kartu ATM, dan benda-benda berharga lainnya di tas pinggang ini sebelum anda naik ke kapal dan sudah berada di kamar anda.
  6. Bawalah selalu tiket anda kemanapun anda pergi, karena tiket perjalanan anda akan selalu digunakan pada saat jam makan dan untuk free pas ketika transit dan untuk naik kembali ke kapal.
  7. Siapkan obat anti mabok untuk berjaga-jaga jika di tengah perjalanan anda harus merasakan kapal yang sedikit oleng karena pengaruh cuaca.
  8. Kenakan jaket atau sweater jika anda ingin jalan-jalan mengelilingi kapal pada malam hari.
  9. Pada saat transit, tanyakan kepada petugas kapal berapa lama kira-kira kapal transit dan waktu keberangkatan kembali karena waktu transit di setiap pelabuhan berbeda-beda. Anda tentunya tidak ingin ketinggalan kapal karena asyik jalan-jalan di kota transit bukan??
  10. Berinteraksilah dengan teman sekamar anda, menambah teman baru adalah hal yang sangat mengasyikkan bukan??

Sumber gambar : GOOGLE

    1 komentar:

    baduybackpacker mengatakan...

    mantap,,,, berangkat gan!!!! :D
    btw,, biasanya rata2 waktu transit berapa lama yah,,, mahon panduannya,,
    thx

    Posting Komentar