Wisata Unik Dengan Transportasi Jadul

Senin, 14 November 2011


Coba bandingkan transportasi lampau dengan transportasi di masa sekarang yang semuanya sudah serba canggih. Bersyukur rasanya bisa menikmati kemudahan transportasi yang ada. Jika kita flasback ke masa lampau, kita pasti akan dihadapkan dengan transportasi yang masih mengandalkan tenaga manusia, atau juga mesin yang belum secanggih saat ini. Nah untuk bernostalgia bersama transportasi jadul, ngak ada salahnya kita intip sat per satu transportasi tersebut dengan  cara berwisata keliling-liling kota dengan menggunakan transportasi jadul. Hmmm tapi kira-kira masih beroperasi gak ya??
Becak
Meskipun sampai saat ini becak masih digunakan di beberapa wilayah, namun kendaraaan beroda tiga ini memang memiliki sisi yang sangat unik dan juga menarik. Seolah tak ingin tergantikan dengan moda transportasi lainnya. Kendaraan ini pun cukup menunjukan ke eksistensiannya  sampai sekarang.
Bajay
Kedaraan yang satu ini juga cukup bertahan dan juga eksis sampai saat ini. Meskipun kendaraan ini sering sekali disebut sebagai kendaraan yang tidak tau aturan karena sering menyalip kendaraan lainnya. Namun masyarakat sampai saat ini cukup mengemari transportasi beroda tiga ini dengan harga yang dijamin lebih murah meriah.
Sepeda Ontel
Tidak jauh berbeda dengan kendaraan  jadul di atas, sepeda ontel juga masih bisa bertahan sampai saat ini. Di ibu kota Jakarta sendiri sepeda ontel ini cukup menjadi tranportasi yang murah dan juga bebas polusi. Dulu umumnya sepeda ini sering digunakan oleh masyarakat perkotaan pada jaman 1970-an, sepeda ini juga memiliki berbagai macam segmen dan cukup menjadi trasportasi yang fenomenal sampai saat ini.
Helicak 
Selain itu ada lagi salah satu jenis transportasi jadul lainnya, yakni helicak. Helicak merupakan salah satu kendaraan gabungan helikopter dan juga becak. Namun untuk operasinya menggunakan transportasi darat. Helicak ini ditemukan pada tahun 1970-an di Jakarta. Berbeda dengan transportasi lainnya, Untuk menaiki ini penumpang duduk di depan sedangkan pengendara duduk di belakang dengan kerangka besi dan dinding dari serat kaca.
Cikar
Alat transportasi jaman dulu ini, ditemukan sebagai alat transportasi yang sudah menggunakan mesin . Cikar terdapat di beberapa daerah yang terkenal di Indonesia, yakini di pulau Jawa dan juga Lombok. Jenisnya hampir meyerupai delman, hanya saja cikar ini ditarik dengan menggunkan tenaga sapi. Cikar pada umumnya merupakan alat transportasi untuk mengangkut barang atau orang.
Delman
Hampir sama seperti dokar, hanya saja  menggunakan kuda sebagai  tenaga penggeraknya. Delman juga sampai saat ini masih tetep eksis. Seperti di jawa dan juga di sebagian daerah jakarta. Kita sering sekali menjumpainya disekitar kawasan monas.
Bentor
Kendaraan yang satu ini merupakan salah satu kendaraan khas masyarakat gorontalo. Bentuknya merupakan kendaraan yang menyerupai becak namun menggunkan motor.
Bemo
Bemo adalah singkatan dari “ Becak Motor” kendaraan beroda tiga ini memang terbilang sangat langka. Bemo mulai digunakan tepatnya awal tahun 1962, pertama-tama beroperasi di Jakarta. Sampai saat ini kita juga sering melihatnya.
Nah sik kan jika kita berwisata menjajal satu persatu moda transportasi jadul yang dulunya menjdi salah satu transportasi yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Pertanyaannya, sebenarnya masihkah kendaraan tersebut beroperasi? Semoga menginspirasi ^^

Sumbe gambar :
www.kampungtki.com
www.bajajloncat.blogspot.com
www.ubud.olx.co.id
www.chik.buzznet.com
www.foto.detik.com
kaskushotthread.com

6 komentar:

Muhammad Gustavie mengatakan...

Bajaj dan bemo, udah lama banget gak pernah naik kendaraan itu.

jamal lewinsky mengatakan...

ayo boleh tuh dicoba mas Muhammad Gustavie,,,biar lebih seru jalan-jalannya

Royan Naimi mengatakan...

satu lagi gan, rigsaw ga ada ya..

jamal lewinsky mengatakan...

mungkin terlewat,,, hehe

pandaanku.com mengatakan...

mantab dan unik nih info

BERGUNA mengatakan...

btw tuh bajaj kok keren bener..bentuk curve mirip ferrari aje..hehehee

Posting Komentar