Idonesia, Surga Beta

Kamis, 21 Juli 2011

Dari Sabang sampai Merauke, Nusantara mempunyai ribuan pulau. Pantas jika akhirnya negeri ini memiliki tempat wisata luar biasa yang patuat djelajahi. Dan saya menjamin semuanya murah meriah. Inilah tempatnya..

TAKA BONERATE

Jika selama ini wisata bahari yang terkenal di Indonesia adalah Raja Ampat atau Bunaken, ada satu lagi tempat wisata laut yang tidak boleh dilewatkan. Taman Nasional Taka Bonerate di kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Terdiri dari 15 pulau dan memiliki karang atol terbesar ketiga di dunia. Terumbu karang di sini terdiri dari 261 jenis. Begitu indah jika kita ber-snorkeling atau diving disini.
Fast Track:
Tips: berkunjunglah dari bulan April-Juni dan Oktober-Desember tiap tahun
Rute: Bis Makassar-Bulukumba (153 km) sekitar lima jam. Lalu ke Pelabuhan Pamatata Selayar menggunakan fery selama 2 jam, dilanjutkan ke Benteng 1,5 jam. Kemudian dari Benteng lanjut ke pulau terdekat yaitu Rajuni Kecil menggunakan kapal kayu sekitar 5 jam.

PULAU SEMPU

Pulau ini termasuk cagar alam yang terletak di Malang selatan. Ketika sampai di pulau ini, otomatis yang kita lihat hanyalah putihnya pasir pantai dan birunya laut. Jelajahi lima pantai di Pulau Sempu ini. Tiap-yiap pantainya mempunyai karakter. Pantai dengan pasir laut yang sangat putih, pantai dengan bibir pantai yang luas dipercantik dengan tebing, pantai yang tepi-tepinya dihiasi bebatuan besar dan pantai yang tepiannya di tumbuhi pepohonan rindang dan rumput-rumput hijau serta pohon kelapa.
Fast Track:
Rute: Perjalanan ke Pulau Sempu dapat ditempu dari Malang dengan sepeda motor sekitar 4 jam, melalui Pelabuhan Sendangbiru, pintu gerbang masuk Sempu Rp4.000 (Pelabuhan Sendangbiru), Rp75.000/Maksimal 15 Orang (perahu Motor dari pelabuhan ke pulau selama 15 menit), Rp5.000 (Masuk Pulau Sempu)

BROMO

Apa yang bisa kita nikmati di kawasan gunung yang berada dalam empat wilayah (Probolingo, Pasuruan, Lumajang, Malang) ini? salah satunya Anda dapat matahari terbit yang sangat cantik. Datanglah pagi-pagi buta. Naik Gunung Panjakan, gunung tertinggi di Bromo. Menjelang pagi Anda dapat melihat proses matahari terbit. Jika tidak kuat berjalan kaki, Anda dapat menyewa kuda dengan harga Rp70.000. dan jika ingin lebih seru menantang fisik, coba pula naiki anak tangga sejumlah 250 trap dijamin hal ini akan memberikan kesan tersendiri  untuk Anda.
Fast Track:
Rute: Perjalanan ke Bromo dapat di tempuh melalui Malang menggunakan bis sampai Probolingo. Lanjut naik angkutan umum sampai ke Sukapura. Dari Sukapura, banyak angutan desa ke Ngadisari, atau bisa juga menyewa jeep sampai ke Gunung Pananjakan seharga Rp.200.000.

TELUK PENYU

Teluk ini berada di Kecamatan Cilacap Selatan, berjarak 2 km kea rah timur dari pusat kabupaten Cilacap. Pantai ini istimewa saat kita menikmati Sunrise  dan Sunset-nya yang luar biasa. Bagian menarik dari pantai ini adalah kerap kali dilewati oleh kapal tanker, perahu-perahu nelayan tradisional yang lalu lalang. Pantai ini berhadapan langsung dengan Pulau nusakambangan. Disediakan pula fasilitas bagi pengunjung yang ingin menyebrang dan singgah sejenak di pulau yang di anggap ‘horor’ tersebut. Untuk menikmati pulau terpenjara itu, kita harus melewati tantangan ombak yang dapat mencapai 3 meter.
Fast Track:
Rute: Dari Purwokerto, berjarak sekitar 4 menit dengan jalanan yang sudah beraspal dengan baik. Untuk dapat sampai disana, dapat mengunakan motor atau kendaraan umum.

3 komentar:

Tanjungbatu derawan mengatakan...

wah ko pulau derawan ga ada.....

andy mengatakan...

terimakasih atas informasinya, saya sangat senang sekali berkunjung ditempat seperti ini.

my secret notes mengatakan...

pengen kesana...

Posting Komentar