Pasar Malam, Pasarnya Rakyat

Rabu, 26 Oktober 2011



Berkunjung  hanya untuk mencari keramaian  nampaknya tidak perlu jauh-jauh, cukup mencoba keramaian di pasar malam yang identik dengan merakyat. Pasar malam ini biasanya ada pada waktu weekand dan waktunya juga dari selepas magrib menjelang malam hari. Jadi ingat waktu dulu ketika saya masih kecil bermain ke pasar malam. Dari waktu ke waktu meskipun datanggnya hanya musiman saja namun pasar malam tidak pernah kehabisan pengunjung yang berdatangan. Meskipun hanya sekedar lihat-lihat tanpa menjajal satu persatu mainan yang ada disini.
Di pasar malam juga tersedia berbagai macam permainan yang biasanya  di naiki oleh anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan juga bagi kita yang sudah dewasa juga  menaiki permainan ini. Seperti komedi putar, kincir angin, kereta-keretaan, rumah hantu dan juga permainan lainnya.


Untuk di Indonesia sendiri seni pasar malam ini identik dengan masyarakat menengah kebawah. Setiap kali pasar malam ini digelar biasanya antusiasmasyarakatnya lumayan besar sehingga kehadiran pasar malam tidak pernah sepi pengunjung. Menurut saya pasar malam juga merupakan salah satu tradisi hiburan masyarakat yang cukup efektif.
Untuk mengajak anak, adik, saudara atau siapapun ,anda bisa mencoba mengajaknya ke pasar malam dengan beragam permainan diatas. Dengan harga permainan yang cukup murah meriah hanya dengan uang Rp. 5.000 anda semua bisa menjajal mainan yang ada disini. 
Ada permainan yang cukup menakutkan buat saya, mungkin tidak jauh berbeda dengan yang lain yakni rumah hantu. Untuk memasuki ruangan gelap disana kita pasti dikejutkan dengan mahkluk-mahkluk halus yang begetayangan senantiasa menampakan wajahnya. Namun dijamin jika kalian masuk kerumah hantu ini juga bisa nguji adrenalin kalian untuk menjadi pemberani, tapi kalo yang takut lebih baik jagan coba-coba.
Selain permainannya, kita juga akan melihat  sederet pedagang yang berjualan disepanjang area tersebut. Macamnya banyak ada yang menjual makanan, minuman, baju,tas, sepatu  pokoknya semuanya ada disini. Meskipun kualitas barang-barang disini tidak sebagus dengan kualitas barang-barang yang ada di mal-mal namun itu sama sekali tidak menyurutkan mereka untuk membeli berbagai macam keperluannya disini.
Memang pantas jika dibilang pasar malam adalah pasar rakyat, soalnya pasar malam selalu memberikan keramaian dan juga hiburan dengan harga yang relatif terjangkau. Dengan adanya pasar malam ini  kita bisa mengajak anak,adik,saudara,teman kesini, bermain sambil menikmati bergam macam permainan yang ada disini, semoga bermanfaat.

Sumber gambar:
abhicom2001.multiply.com,adhi-kristiyanto.blogspot.com,ada-sih.blogspot.com,reeryn.com, nationalgeographic.co.id

2 komentar:

ASAZ mengatakan...

selamat jalan-jalan hiburan di pasar rakyat

jamal lewinsky mengatakan...

asiknya pasar malam :)

Posting Komentar