Harta Karun Keindahan Pulau Ternate

Selasa, 24 Mei 2011


Pulau Ternate, pulau yang termasuk dalam wilayah propinsi Maluku Utara ini ternyata menyimpan sejuta keindahan didalamnya. Mulai dari keindahan alam, tempat bersejarah, sampai adat istiadatnya. Ternate masih memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang belum tersentuh tangan-tangan developer seperti yang sudah terjadi pada tempat-tempat wisata alam lainnya. Sangat rekomen untuk anda yang menyukai berwisata ke tempat-tempat yang belum terjamah dan masih menunjukkan keindahan alaminya.

PULAU TERNATE

Seperti yang terlihat, Pulau Ternate adalah pulau yang dikelilingi oleh perairan. Hal ini membuat Ternate sudah barang tentu memiliki banyak pantai untuk dikunjungi. Bisa anda bayangkan betapa asiknya jika bisa melihat sunset di pinggir pantai yang masih sangat alami. Bahkan beberapa lokasi pantai sangat rekomen untuk anda yang ingin membuat foto pre wedding dengan nuansa pantai yang berbeda dari yang lainnya. Ada beberapa pantai yang wajib dikunjungi apabila anda berkesempatan untuk mengunjungi Kota Ternate.

Pantai Kastela.
PANTAI KASTELA

Pantai yang terletak di bagian selatan Kota Ternate ini memiliki area pantai dengan pasir yang cenderung berwarna putih. Pantai ini letaknya berdekatan dengan Benteng Gamlamo dan Monumen Sultan Khairun. Jadi anda dapat sekalian berwisata sejarah di tempat ini.

Pantai Sulamadaha
PANTAI SULAMADAHA

Pantai Sulamadaha meski tak berpasir putih, namun memiliki pesona tersendiri. Pantai ini berhadapan langsung dengan Pulau Hiri yang memiliki bukit yang masih sangat hijau. Dari pantainya, Bukit Hiri terlihat jelas seperti muncul dari permukaan laut.
Pulau Hiri, dulu menjadi tempat pengasingan Sultan Muhammad Djabir Syah (Ayah Sultan Ternate sekarang), yang sengaja diungsikan supaya tidak ditangkap oleh tentara Belanda.
Anda bisa menyeberang ke Pulau Hiri dari Pantai Sulamadaha dengan menyewa perahu nelayan sekitar, dan saya sarankan anda sebaiknya meminta untuk tour guide anda yang fasih berbahasa ternate untuk melakukan nego harga agar anda bisa dapat harga murah. Sebaiknya berangkat pagi agar bisa balik ke pantai ini sore hari. Kalau berniat ingin mendaki bukitnya atau bermalam di pantai sulamadaha ini, sebaiknya mempersiapkan diri dengan perlengkapan dan perbekalan yang lebih memadai, seperti tenda, sepatu lapangan, makanan, dan sebagainya.

TELUK SULAMADAHA

Di sebelah kiri ke arah barat Pantai Sulamadaha, terdapat Teluk Sulamadaha yang berbentuk piramid. Pantai di Teluk Sulamadaha berpasir putih dan di dasar perairannya terdapat taman laut sehingga kita bisa melakukan aktivitas snorkel dan diving. Kalau ingin menyelam,pengunjung harus membawa peralatan sendiri. Sebab di sana belum ada rental penyewaan alat-alat snorkel dan diving. Pantai Sulamadaha cukup bersih. Ombaknya tidak terlalu besar. Di bagian kanan dan kiri pantai ini terdapat tebing karang kecil yang ditumbuhi semak belukar dan pepohonan besar. Kalau ingin mencari suasana yang sepi, sebaiknya datang ke Sulamadaha di luar akhir pekan atau libur Hari Raya. Bawa serta pakaian ganti, kalau ingin berenang di laut. Dan tak kalah penting, bawa kamera atau handycam untuk mengabadikan pesona Pantai Sulamadaha. Kendati berpasir hitam dan tidak berpanorama sunset, namun tetap saja banyak yang mengunjunginya. Pantai ini cukup populer di Ternate. Setiap hari ada saja warga Ternate dan sekitarnya yang berekreasi di sana, terlebih pada akhir pekan dan liburan Hari Raya. Biasanya yang datang keluarga beserta anak-anak dan tak sedikit pasangan muda-mudi.

Danau Tolire
DANAU TOLIRE

Terdapat satu lagi tempat wisata alam yang sering dikunjungi dan bahkan paling dikenal dari Kota Ternate yaitu Danau Tolire. Danau Tolire yang berada di bawah kaki Gunung Gamalama ini menyimpan sebuah kisah sedih. Menurut legenda, Danau Tolire terbagi menjadi dua bagian, yakni Tolire besar dan Tolire kecil. Pecahnya danau tersebut dikarenakan kekhilafan seorang ayah kepada anak gadisnya. Sang ayah memerkosa anak gadisnya.
Setelah tragedi memilukan tersebut, terjadi longsor dan danau meluap. Akibatnya, desa Takome tenggelam. Anehnya, setelah surut danau seolah terbagi menjadi dua bagian. Danau Tolire besar diperkirakan sebagai wujud dari sang ayah. Sementara itu, Danau Tolire kecil adalah wujud sang anak.
Jarak dari Danau Tolire besar dan Danau Tolire kecil hanya 200 meter. Danau Tolire kecil berada dekat tepi pantai. Airnya payau, karena jaraknya dekat dengan laut, yakni sekitar 50 meter. Bila mengunjungi Danau Tolire besar, otomatis harus melewati Danau Tolire kecil.
Sayangnya, keindahan Danau Tolire besar lebih menggiurkan ketimbang Danau Tolire kecil. Kebanyakan wisatawan dan warga memilih Danau Tolire besar sebagai tempat wisata. Danau Tolire besar menyerupai loyang raksasa, dengan luas sekitar lima hektar dan kedalaman 50 meter. Keunikan lainnya adalah air Danau Tolire besar berwana hijau saat musim panas dan coklat pada waktu hujan.
DANAU TOLIRE DILIHAT DARI UDARA

Selain menyimpan cerita memilukan, Danau Tolire besar juga memiliki kekuatan gaib. Masyarakat setempat percaya terdapat buaya siluman yang melindungi danau. Terlebih lagi, pada zaman dulu Danau Tolire besar merupakan tempat penyimpanan harta Sultan Ternate. Harta disembunyikan di dasar Danau Tolire besar, sehingga aman dari incaran Portugis pada abad ke-15.
Kekuatan gaib Danau Tolire besar bisa dibuktikan dengan cara melempar batu ke danau. Dipastikan, batu tidak akan pernah menyentuh permukaan air danau. Batu yang dilempar seperti hilang sebelum sampai ke permukaan danau. Pengunjung bisa membeli batu yang sengaja disediakan oleh warga. .
Seusai menikmati keindahan danau dan mencoba lempar batu, pengunjung bisa beristirahat sejenak di bawah pepohonan besar. Istirahat di bawah pohon rindang akan bertambah nikmat bila ditemani jagung rebus manis dan teh hangat. Makanan dan minuman bisa dibeli di warung-warung kecil yang ada di sekitar Danau Tolire besar.

Demikianlah tempat-tempat wisata alam yang ada di Kota Ternate yang bisa saya rekomendasikan kepada anda. Sebenarnya masih banyak tempat-tempat wisata, makanan, dan adat istiadat serta kebudayaan dari Kota Ternate ini yang ingin saya bagikan kepada anda. Lain waktu pasti saya bagikan lagi. Satu yang bisa saya bagikan lagi kepada anda yakni pesan khusus yang saya dengar langsung dari Bang Iwan Fals ketika dia konser di Kota Ternate, “Kota ini punya banyak harta karun alam, tolong dijaga jangan sampai hilang harta karunnya, sangat indah!”

Sumber:
http://indotimnet.wordpress.com/danau-tolire
http://sadaapbgt.blogspot.com
http://putrataranoate.wordpress.com
http://alamnusantarapermai.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar