Membuat Mobil Dari Serat Buah

Senin, 16 Mei 2011





Serat dalam buah-buahan tak hanya baik bagi pencernaan tubuh. Para ilmuwan di Brazil mengungkapkan, serat buah-buahan seperti nanas atau pisang misalnya, bisa menjadi bahan pembuat mobil.


Alcides Leao dan timnya dari Paulo State University, telah mencoba menggunakan serat dari buah dan tumbuhan sebagai bahan plastik generasi terbaru untuk digunakan pada produk otomotif seperti mobil atau motor.
Mereka yakin, di masa depan, bahan ini tak hanya bisa dimanfaatkan untuk membangun body mobil tetapi juga bagian mesin. Wah, keren!

"Beberapa pabrik pembuat mobil telah menguji bahan plastik dari serat buah ini dan kemungkinan besar akan menggunakannya untuk produk mobil mereka dua tahun lagi," kata Leao.
Leao tidak menyebutkan perusahaan pembuat mobil mana saja yang tertarik memanfaatkan penemuan ini. Namun dia meyakinkan bahwa memperkuat bahan plastik dengan serat mikroskopik dari buah-buahan seperti nanas dan pisang akan membuatnya super kuat.

"Bahan ini sangat mengagumkan. Ringan, namun sangat kuat. Sekitar 30 persen lebih ringan dan empat kali lebih kuat ketimbang bahan plastik biasa," kata Leao saat presentasi di konferensi American Chemical Society di Anaheim, California, Amerika Serikat.

Bahan ini juga dikatakannya akan lebih tahan terhadap panas, tumpahan bensin, air dan oksigen ketimbang bahan plastik untuk otomotif pada umumnya.

 "Dunia kesehatan pun bisa menggunakannya. Bahan ini potensial untuk pembuatan katup jantung dan jaringan pengikat sendi artifisial," katanya.

Sumber : http://www.lienaaifen.com

0 komentar:

Posting Komentar