Memilih Jenis Kamera Yang Tepat Buat Anda

Senin, 23 Mei 2011

Bagi yang berniat untuk mempelajari fotografi, tentu saja tidak hanya sekedar niat dan keinginan untuk belajar atau bahkan terjun ke dunia fotografi dan menjadikannya sebagai mata pencaharian anda. Sebagai fotografer anda harus bisa memilih kamera yang tepat untuk anda gunakan nantinya. Nah, untuk mengetahui kamera yang tepat untuk anda gunakan anda tentunya harus mengetahui jenis-jenis kamera yang ada. Berikut adalah jenis-jenis kamera yang dimaksud.

Kamera analog



Kamera jenis ini dulu pasti selalu dimiliki oleh setiap individu. Namun seiring kemajuan teknologi fotografi, kamera jenis ini sudah mulai ditinggalkan. Kamera jenis ini masih menggunakan media film sebagai penyimpanan frame yang diambil. Menggunakan kamera ini kita harus mengeluarkan biaya yang relatif mahal untuk perawatan serta operasional nya. Tetapi masih ada beberapa fotografer yang masih memakai kamera tipe ini karena memang ada beberapa tehnik yang cuma bisa dilakukan dengan kamera jenis ini.


Kamera Digital
Kamera jenis ini merupakan pilihan utama saat sekarang. Hampir 90% dari kamera yang kita lihat saat ini adalah kamera digital. Kamera tipe ini menggunakan media penyimpanan digital untuk penyimpanan frame biasanya berupa memory card, compact flash, atau bahkan harddisk. Biaya operasional kamera ini paling murah karena hasil frame dapat disimpan dalam media digital yang tidak memakan banyak tempat dan perawatan minimal.

Ada beberapa jenis kamera digital yang saat ini sering digunakan adalah :
Digital pocket point and shot



Jenis kamera digital ini merupakan jenis yang paling sederhana sesuai namanya kamera ini dapat digunakan sesederhana point & shot tidak ada penyetelan tingkat lanjut yang aneh” yang dapat membingungkan user-nya. Umumnya digunakan oleh pemula ataupun sekedar untuk mengambil foto” biasa. Walaupun saat ini sudah mulai banyak kamera point & shot yangdilengkapi fitur beraneka ragam tetapi jenis kamera ini masih kurang cukup untuk mendapatkan foto” kreatif yang memerlukan teknik” tertentu.
Keunggulan : Kompak, Sederhana
Kekurangan: Spesifikasi cenderung rendah

Digital Prosumer

Jenis yang satu ini satu tingkat lebih tinggi daripada kamera point & shot biasa. Biasanya dilengkapi dengan sensor lebih baik serta spesifikasi lain yang lebih tinggi. Tidak jarang juga kamera jenis ini dilengkapi dengan focal length (zoom) yang cukup tinggi. Memiliki lebih banyak setting yang dapat membantu pengambilan foto” kreatif tapi juga masih dilengkapi berbagai macam fitur” yang dapat membantu pengguna pemula untuk mendapatkan foto yang lebih baik. Perlu diingat kamera tipe ini umumnya menggunakan fixed lens sehingga pengguna dibatasi dengan lensa tertentu.
Keunggulan : Cocok untuk entry fotografer
Kekurangan : Cenderung lebih besar dan berat dibanding kamera point & shot

DSLR (Digital Single Lens Reflect)






Jenis ini yang biasa digunakan oleh para fotografer baik pemula sampai profesional. Menggunakan interchangeable lens sehingga sebuah body DSLR dapat diganti” dengan berbagai jenis kamera yang berbeda” tipe. Tipe ini masih memiliki beberapa jenis lagi.
# Sensor Crop Factor
Menggunakan sensor yang lebih kecil dari film 35mm. tergantung kerapatan pixelnya sensor ini sudah lumayan bagus untuk sebuah DSLR serta memiliki keuntungan dalam pemotretan tele karena crop factornya misal dengan menggunakan lensa berfocal length 200mm pada body DSLR yang memiliki crop factor 1.5x maka kita dapat mendapatkan focal length maximum hingga 300mm.
# Sensor Full Frame
Menggunakan ukuran sensor yang sama dengan film 35mm biasanya diikuti dengan kemampuan sensor yang tinggi sehingga dapat menghasilkan kualitas foto yang tinggi.
#Medium Format
Memiliki sensor yang lebih besar daripada film 35mm kamera tipe ini biasanya digunakan untuk keperluan” khusus yang mewajibkan hasil cetak dalam ukuran yang teramat sangat besar.
Keunggulan : Interchangeable lens, Accesoris yang berlimpah, kualitas foto yang tinggi
Kekurangan : Harga cenderung lebih mahal, cara pakai yang cenderung lebih rumit.

Kamera SLD(Single Lens Direct ?)/FT(Four Third)/MFT(Micro Four Third)


 
Ini merupakan jenis kamera yang terbaru. Menyerupai DSLR dengan interchangeable lens kamera ini memiliki mekanisme yang berbeda dengan DSLR, lebih ringan dan kecil dibandingkan DLSR namun memiliki kualitas foto yang hampir setara dengan DSLR menempatkan kamera ini sebagai generasi masa depan dari kamera.
Keunggulan : Kualitas DSLR ukuran pocket point & shot
Kekurangan : Harga yang masih cukup tinggi.

Sekarang, setelah mengetahui jenis-jenis kamera, anda tinggal memilih kamera mana yang akan anda gunakan sebagai langkah awal untuk mulai mempelajari fotografi. Untuk yang berminat langsung memulai dengan kamera DSLR, disarankan untuk bertanya kepada orang yang lebih ahli basic-basicnya agar mempermudah anda dalam memahami dan menggunakan kamera DSLR.
Selamat memilih kamera anda dan Selamat belajar!!! ^_^

Sumber : http://patrush.wordpress.com/
Gambar : Google dan http://patrush.wordpress.com/

0 komentar:

Posting Komentar